Kompas.com - 25/02/2013, 23:21 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Dengan berbagai alasan, Anda pasti tidak akan membeli telur dalam jumlah satuan. Biasanya sekali belanja, Anda akan membeli beberapa telur sekaligus untuk persediaan beberapa minggu.

Namun seperti bahan makanan lain, telur akan busuk jika tak disimpan dengan benar. "Penyimpanan telur yang tepat harus mencakup suhu dan lokasi penyimpanan yang benar," jelas Anthony Setiadi, pemilik restoran Sunny Side Up kepada Kompas Female, saat pembukaan restorannya di Kota Kasablanka Mall, Jakarta Selatan, Jumat (22/2/2013) lalu.

Tempat yang terbaik untuk menyimpan telur adalah di ruang terbuka (letakkan saja dalam wadah di dapur Anda) dengan suhu kamar. Suhu yang terlalu panas akan membuat telur mudah busuk, sedangkan terlalu dingin akan membuat telur tidak segar.

"Sebaiknya jangan menyimpan telur di lemari es, apalagi kondisi lemari es yang sering dibuka-tutup. Kondisi ini akan membuat suhu lemari es tidak stabil dan berubah drastis sehingga mempercepat kerusakan telur," jelasnya.

Telur yang disimpan di ruang terbuka dengan suhu kamar bisa bertahan selama 30 hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.