Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/03/2013, 08:17 WIB

TANYA :

Dok, sejak memasuki usia pubertas, pertumbuhan payudara saya tergolong lambat. Padahal, kaum hawa dari keluarga ayah maupun ibu memiliki ukuran payudara sedang sampai besar, dan saya adalah pemilik payudara terkecil di anggota keluarga (atau hampir tidak ada). Apakah penyebabnya dok? Saya kurus sejak kecil, begitu pula saudara-saudara saya. Padahal kedua orang tua kami gemuk, bahkan ayah saya sangat gemuk. Apakah yang sebaiknya saya lakukan atau makanan yang saya konsumsi dok?

(Shaza, 17, Gresik)


JAWAB :

Perkembangan payudara dalam keadaan normal mencapai tahap akhir pada usia sekitar 6-17 tahun. Pada usia ini, payudara sudah sama dengan perempuan dewasa.

Ukuran akan membesar bila perempuan bertambah gemuk atau dalam keadaan hamil. Tentu saja dalam masa perkembangan payudara, ada faktor hormon yang berperan penting. Keadaan kesehatan secara umum juga berperan dalam masa perkembangan itu. Kalau terjadi hambatan pada masa perkembangan itu, maka payudara tidak tumbuh secara normal.

Saya tidak tahu apakah payudara Anda sudah berkembang normal atau belum. Keadaan Anda yang kurus, tentu perlu diketahui apakah dalam batas normal atau tidak normal. Jadi harus diketahui dulu apakah perkembangan payudara Anda sudah melewati tahap perkembangan normal atau belum.

Tetapi tidak ada konsumsi makanan khusus untuk menambah ukuran payudara.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com