Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/03/2013, 08:18 WIB

KOMPAS.com - Salah satu olahan daging sapi yang sangat populer di dunia adalah steak. Biasanya Anda menikmatinya di restoran dengan harga yang mahal, karena Anda tidak tahu bagaimana cara memasak steak. Padahal, Anda bisa kok membuatnya sendiri di rumah dengan rasa yang tak kalah lezat.

Cara membuatnya cukup mudah karena pada dasarnya yang disebut steak adalah daging bakar. Artinya, proses memasaknya hanyalah dengan memanggang daging di atas alat pemanggang. Namun, agar rasanya lebih gurih, Anda bisa merendam daging steak ke dalam bumbu rendaman seperti saus BBQ. Namun, bumbu berupa saus ini bukan keharusan.

Jika ingin rasa steak yang lebih ringan dan bercitarasa daging asli, Anda hanya perlu melumuri daging dengan minyak (sebaiknya gunakan olive oil) di kedua sisinya. Minyak ini berfungsi agar daging tak mudah kering dan gosong. Lalu, taburi garam dan lada beberapa saat sebelum dibakar. Kemudian panggang daging dengan menggunakan wajan atau grill yang sudah dipanaskan.

Yang harus diingat, hindari membolak-balik daging terlalu sering. Cobalah untuk membalik daging sekali saja untuk tiap sisinya. Beri waktu sekitar tiga menit untuk memasak masing-masing sisi daging. Membolak-balik daging terlalu sering akan merusak tekstur daging. Selain itu jika membalik daging dengan garpu atau benda tajam lainnya akan membuat daging kehilangan jusnya, sehingga berkurang kelezatannya.

Setelah daging matang, istirahatkan daging beberapa saat sebelum dipotong atau disajikan. Proses ini akan membantu menahan jus agar tetap di dalam lipatan daging dan "terperangkap" di dalamnya sehingga akan lebih nikmat saat disantap.

Sumber: Buku Memasak Di Akhir Pekan, Meat and Livestock Australia Regional Banquet Innovation Workshops

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com