Kompas.com - 14/03/2013, 08:50 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Kapsul penurun berat badan, pakaian dalam pembakar lemak, sampai metode diet tertentu, terkadang tak cukup ampuh untuk menurunkan berat badan. Lalu bagaimana lagi agar berat badan turun dengan cepat?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh UndercoverLovers.com, sebuah situs kencan di Inggris untuk pasangan yang sudah menikah, mengungkapkan bahwa cara ampuh untuk menurunkan berat badan adalah dengan selingkuh!

Survei terhadap 3.000 anggota situs tersebut mengungkapkan bahwa 62 persen perempuan dan laki-laki yang berselingkuh bisa menurunkan bobot tubuhnya. Saat selingkuh, seorang pria bisa menurunkan berat badannya sebanyak 2,7 kg, dan perempuan 4,5 kg. Para ahli mengungkapkan bahwa penurunan berat badan ini lebih disebabkan karena alasan psikologis yang diderita para peselingkuh.

"Terlibat affair akan menyebabkan banyak orang merasa tertekan. Berbohong, mencari alasan untuk menghindari pertengkaran dengan pasangan, sampai mencari jalan untuk bisa kencan dengan selingkuhan tanpa ketahuan, akan menimbulkan tingkat stres yang tinggi," ungkap Craig Jackson, profesor bidang psikologi dari Birmingham City University.

Tingkat stres akan memengaruhi seluruh fungsi dan metabolisme tubuh. Saat stres, tubuh akan meningkatkan produksi adrenalin dan kortisol (hormon penyebab stres), meningkatkan denyut jantung, mempercepat pernafasan, meningkatkan tekanan darah, dan meningkatkan produksi serotonin (sel saraf yang memengaruhi suasana hati dan meningkatkan denyut jantung). Semua hal ini akan membakar kalori dalam tubuh dan menurunkan berat badan.

Selain faktor psikologis, faktor perilaku peselingkuh juga akan berubah. Perubahan perilaku inilah yang akan memengaruhi berat badan.

"Ketika berselingkuh, Anda akan lebih berhati-hati saat memilih restoran. Anda juga akan lebih cepat bergerak, serta makan terburu-buru. Ini juga akan berdampak pada penurunan berat badan," jelasnya. Faktor lainnya yang berpengaruh adalah faktor fisik. Craig mengungkapkan, biasanya para peselingkuh akan menurunkan bobot tubuh agar terlihat lebih menarik bagi selingkuhannya.

Sekalipun menurut survei tersebut perselingkuhan bisa menurunkan berat badan, namun hal ini tidak berarti Anda lantas menghalalkan perselingkuhan. Anda justru harus berhati-hati karena perselingkuhan ternyata berdampak buruk untuk kesehatan. Menurut penelitian yang dilakukan di University of Florence, pria yang berselingkuh akan berisiko mengalami serangan jantung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.