Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/03/2013, 08:50 WIB

KOMPAS.com - Kapsul penurun berat badan, pakaian dalam pembakar lemak, sampai metode diet tertentu, terkadang tak cukup ampuh untuk menurunkan berat badan. Lalu bagaimana lagi agar berat badan turun dengan cepat?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh UndercoverLovers.com, sebuah situs kencan di Inggris untuk pasangan yang sudah menikah, mengungkapkan bahwa cara ampuh untuk menurunkan berat badan adalah dengan selingkuh!

Survei terhadap 3.000 anggota situs tersebut mengungkapkan bahwa 62 persen perempuan dan laki-laki yang berselingkuh bisa menurunkan bobot tubuhnya. Saat selingkuh, seorang pria bisa menurunkan berat badannya sebanyak 2,7 kg, dan perempuan 4,5 kg. Para ahli mengungkapkan bahwa penurunan berat badan ini lebih disebabkan karena alasan psikologis yang diderita para peselingkuh.

"Terlibat affair akan menyebabkan banyak orang merasa tertekan. Berbohong, mencari alasan untuk menghindari pertengkaran dengan pasangan, sampai mencari jalan untuk bisa kencan dengan selingkuhan tanpa ketahuan, akan menimbulkan tingkat stres yang tinggi," ungkap Craig Jackson, profesor bidang psikologi dari Birmingham City University.

Tingkat stres akan memengaruhi seluruh fungsi dan metabolisme tubuh. Saat stres, tubuh akan meningkatkan produksi adrenalin dan kortisol (hormon penyebab stres), meningkatkan denyut jantung, mempercepat pernafasan, meningkatkan tekanan darah, dan meningkatkan produksi serotonin (sel saraf yang memengaruhi suasana hati dan meningkatkan denyut jantung). Semua hal ini akan membakar kalori dalam tubuh dan menurunkan berat badan.

Selain faktor psikologis, faktor perilaku peselingkuh juga akan berubah. Perubahan perilaku inilah yang akan memengaruhi berat badan.

"Ketika berselingkuh, Anda akan lebih berhati-hati saat memilih restoran. Anda juga akan lebih cepat bergerak, serta makan terburu-buru. Ini juga akan berdampak pada penurunan berat badan," jelasnya. Faktor lainnya yang berpengaruh adalah faktor fisik. Craig mengungkapkan, biasanya para peselingkuh akan menurunkan bobot tubuh agar terlihat lebih menarik bagi selingkuhannya.

Sekalipun menurut survei tersebut perselingkuhan bisa menurunkan berat badan, namun hal ini tidak berarti Anda lantas menghalalkan perselingkuhan. Anda justru harus berhati-hati karena perselingkuhan ternyata berdampak buruk untuk kesehatan. Menurut penelitian yang dilakukan di University of Florence, pria yang berselingkuh akan berisiko mengalami serangan jantung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com