Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/03/2013, 09:41 WIB

KOMPAS.com — Masalah terbesar yang dihadapi perempuan dengan kulit berminyak adalah make-up yang dipakai jadi cepat luntur. Akibatnya, Anda harus lebih sering merapikan kembali make-up Anda. Pasti merepotkan. Tak hanya itu, terkadang saking banyaknya produksi minyak, make-up justru jadi ikut berminyak dan membuat wajah jadi terlihat mengilap. 

Untuk mengatasi problem ini, simak cara mengatasinya:

1. Cuci muka

Pastikan Anda selalu mencuci muka sebelum mulai berdandan. Ini adalah tips make-up dasar yang sering dilupakan oleh perempuan. Air akan membantu menghilangkan minyak yang ada di wajah.

2. Gunakan scrub
Jika kulit wajah Anda berminyak, maka sebaiknya gunakan pembersih wajah yang mengandung scrub. Scrub akan membantu menghilangkan minyak di dalam pori-pori. Selain itu, scrub juga akan membantu wajah Anda terhindar dari minyak berlebih lebih lama.

3. Gunakan es batu

Cara terbaik untuk membantu membuat make-up Anda lebih awet dan tak berminyak adalah dengan es batu. Usapkan es batu ke seluruh bagian wajah sebelum menggunakan make-up. Es akan membantu "menenangkan" kelenjar keringat dan minyak di bawah kulit. Akibatnya, produksi keringat dan minyak tidak akan berlebih.

4. Hindari foundation cair

Untuk kulit wajah yang berminyak sebaiknya hindari penggunaan foundation cair. Mungkin foundation cair termasuk jenis make-up base yang mudah digunakan. Namun, alas make-up ini akan membuat kulit Anda menjadi semakin berminyak.

5. Hindari bedak padat
Sentuhan terakhir dari make-up adalah dengan aplikasi bedak. Namun, hindari menggunakan bedak padat. Sebaliknya, gunakan bedak tabur. Kandungan bedak tabur akan membantu menyerap minyak pada wajah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com