Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/03/2013, 09:58 WIB

KOMPAS.com - Setelah menggunakan oven, biasanya Anda agak malas untuk membersihkan karena dianggap tidak terlalu kotor. Padahal tumpukan noda dan kotoran yang ada di dalam oven bisa membuatnya jadi cepat berkarat.

Cara termudah untuk membersihkan oven adalah dengan menggunakan produk pembersih kimia. Namun, pembersih kimia seringkali membuat lempengan besi di oven lebih mudah berkarat, dan meninggalkan bau tak sedap.

Sebaiknya gunakan bahan-bahan pembersih alami yang mudah ditemukan di dapur, dan lebih ampuh menghilangkan noda serta memberi aroma yang harum.

1. Baking soda
Baking soda memiliki banyak manfaat pembersih, salah satunya untuk membersihkan oven. Campurkan baking soda dengan air, kemudian aduk sampai menjadi pasta. Lapisi seluruh bagian oven dengan pasta ini, lalu diamkan semalaman. Setelah itu, bersihkan baking soda dengan menggunakan spons basah hangat. Keringkan.

2. Garam dan cuka

Campurkan garam, cuka, dan air dalam botol penyemprot, kemudian semprotkan campuran ini ke seluruh bagian oven. Kemudian panaskan oven dengan suhu yang rendah. Lap dengan kain bersih. Agar lebih wangi, Anda bisa mengganti cuka dengan perasan air jeruk lemon.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com