Kompas.com - 22/03/2013, 13:15 WIB
EditorInggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Resah mengapa Anda tak pernah atau tak pernah mencapai klimaks lagi saat berhubungan seks? Mungkin lemahnya kondisi otot panggul Anda yang menyebabkan kehidupan seks tak lagi menyenangkan untuk Anda maupun pasangan.

Pakar kesehatan otot dasar panggul Inggris Jenni Russell, dalam bukunya Pelvic Floor Secrets, mengatakan bahwa satu dari empat perempuan mengalami pelemahan otot dasar panggul. Penyebabnya bervariasi, dari pengalaman melahirkan, penuaan, atau faktor kesehatan lain (termasuk overweight). Yang mereka rasakan dengan kondisi tersebut adalah rasa tersiksa saat berhubungan seks, dan kegagalan mencapai orgasme.

Lemahnya otot dasar panggul dapat memengaruhi perempuan di segala usia. Keadaan ini bisa membuat mereka malu, bahkan kadang-kadang juga stres. Kurangnya kekuatan otot vagina bisa merusak keyakinan diri dan memengaruhi semua aspek kehidupan, terutama dalam kehidupan Anda yang paling intim.

"Otot dasar panggul yang lemah itu bukan sesuatu yang normal; kita pasti tidak ingin berbaring sambil meringis kesakitan, dan melewatkan salah satu momen paling intim, memuaskan, dan menyenangkan dalam kehidupan kita. Mereka tidak perlu menerima kurangnya kepuasan seksual ini akibat penuaan atau pengalaman melahirkan yang traumatik," papar Jenni.

Untuk memperbaiki kondisi ini, Jenni mengatakan bahwa perempuan perlu berfokus untuk melatih otot-otot ini. Anda tidak perlu latihan di gym selama berjam-jam. Selain itu karena otot-otot pada bagian tubuh ini dapat meregang dengan cepat, Anda hanya membutuhkan beberapa latihan pendek untuk memastikan efektivitas, efisiensi, dan fungsinya berjalan optimal.

Senam Kegel adalah salah satu latihan mudah yang disarankan. Caranya dengan mengencangkan otot vagina dalam beberapa kali hitungan, seperti saat Anda menahan pipis. Dalam bukunya, Jenni juga menyusun program latihan enam minggu untuk melatih otot dasar panggul ini bila latihan ini rutin dijalankan, Anda akan memiliki daya "cengkeram" lebih kuat, mampu meningkatkan orgasme, sementara pasangan akan mengalami ereksi yang lebih kuat dan mampu memperlama ejakulasi.

Sebagai bonusnya, latihan ini juga membuat postur tubuh lebih baik, perut lebih rata, dan bokong lebih kencang!

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X