Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/03/2013, 11:24 WIB

KOMPAS.com — Perempuan selalu mengaku enggan menghentikan kebiasaan merokok karena berhenti merokok membuat mereka jadi gemuk. Beberapa penelitian juga menunjukkan, kebanyakan perempuan berat badannya akan bertambah 3,5 kg setelah berhenti merokok. Hal ini diduga karena kebiasaan merokok sebenarnya meredam nafsu makan Anda. Nah, jika Anda ingin berhenti merokok tanpa jadi gendut, coba dulu trik berikut:

Gosok gigi
Salah satu cara yang disarankan pakar kesehatan untuk mencegah Anda makan berlebihan adalah dengan menggosok gigi setiap habis makan. Seusai menggosok gigi, tentu Anda tak mau lagi ngemil. Cara ini juga bisa Anda terapkan untuk membantu Anda menahan keinginan untuk merokok, kata Colleen Doyle, RD, Direktur Aktivitas Fisik dan Nutrisi di American Cancer Society.

Siapkan kudapan ringan
Asyiknya ketika Anda mencoba berhenti merokok adalah, Anda bisa ngemil lebih sering. Siapkan beberapa camilan rendah kalori, seperti buah atau sayuran yang membuat mulut Anda akan cukup "sibuk" sementara waktu, seperti kelengkeng, rambutan, atau edamame. Variasi rasanya akan cukup memuaskan lidah Anda sehingga mengurangi keinginan untuk mengunyah makanan yang lebih mengenyangkan, dan tentunya juga untuk merokok.

Olahraga ramai-ramai
Untuk mengimbangi hasrat makan yang sedikit naik akibat berhenti merokok (kalau benar bahwa berhenti merokok membuat Anda cenderung makan lebih banyak), ajak teman-teman Anda untuk mulai olahraga bersama. Kalau Anda bosan olahraga yang monoton seperti joging, coba saja main badminton atau aerobik yang juga akan menguras energi. Atur supaya bisa latihan dua atau tiga kali seminggu. Bonus dari latihan: Anda bisa mengurangi stres dan meningkatkan pelepasan endorfin yang akan menghambat keinginan akan nikotin.

Perhatikan waktunya
Anda mungkin biasa merokok sebelum makan siang atau setelah makan malam. Saat itulah keinginan untuk ngemil mulai mendesak. Catat pola makan Anda mulai saat itu, selama beberapa minggu. Kemudian gunakan catatan Anda untuk menjadwalkan janji pertemuan dengan teman atau joging di area jogging track di kantor. Dengan demikian, Anda bisa mencegah keinginan untuk mengunyah lagi.

Siapkan permen
Banyak perokok yang mengalami problem mulut, yaitu ketika Anda selalu menginginkan sesuatu ada di dalam mulut sepanjang waktu. Jadi, untuk mengatasi hal tersebut, Anda lalu mulai mengunyah makanan untuk memenuhi keinginan tersebut. Untuk mengatasinya, Doyle menyarankan untuk ngemut permen bebas gula, atau mengisap sebatang kayu manis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com