Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Waktu Pas Mencampurkan Kecap dalam Masakan?

Kompas.com - 26/03/2013, 22:37 WIB

KOMPAS.com - Kecap memang bisa menambah citarasa dan membuat makanan terlihat lebih menggiurkan. Namun meski sangat mudah mengolah makanan dengan kecap, Anda harus memerhatikan teknik memasaknya.

"Salah teknik memasukkan kecap, bisa-bisa masakan jadi kurang enak atau malah gosong," ungkap Chef Degan Septoadji, saat peluncuran produk kecap manis beberapa waktu lalu di Jakarta.

Chef Degan mengungkapkan bahwa setiap masakan punya timing-nya sendiri kapan harus dicampurkan dengan kecap. Untuk masakan seperti ayam kecap, semur, atau masakan lain yang harus dimasak dalam waktu lama agar bumbunya meresap, sebaiknya kecap dimasukkan di awal masakan.

"Setelah bumbu matang, segera masukkan kecap. Proses ini akan membantu kecap benar-benar meresap ke dalam makanan saat dimasak," jelasnya.

Sedangkan untuk masakan tumisan, seperti oseng-oseng tempe kecap dan lain-lainnya, ia menyarankan untuk memasukkan kecap sesaat menjelang diangkat dari penggorengan. Ketika mencampurkan kecap dalam masakan tumisan, Anda hanya ingin mendapatkan rasa manis dan aroma kecap saja. Selain itu, masakan tumisan tidak membutuhkan proses karamelisasi dari kecap yang terlalu lama.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com