Kompas.com - 01/04/2013, 19:07 WIB
|
EditorFelicitas Harmandini

KOMPAS.com - Tentu Anda sering bertanya-tanya, mengapa para perempuan cenderung memilih pasangan dengan tinggi badan di atas mereka? Menurut sebuah studi University of Utah, pria terlihat tangguh dan tegap jika mempunyai tinggi badan melampaui lawan jenisnya.

Profesor biologi David Carries dalam studinya mengungkapkan, hal itu berkaitan dengan evolusi postur tubuh tegak, yang menyiratkan bagaimana perempuan memilih pasangannya. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa para perempuan melihat pria jangkung lebih menarik daripada sebaliknya.

Postur tubuh yang tinggi juga berhubungan dengan kesehatan, dominasi sosial, wajah simetris, bahkan kecerdasan pada pria dan wanita. Korelasi ini telah menyebabkan beberapa ilmuwan menyarankan agar para perempuan lebih memilih pria jangkung. Yaitu karena tinggi badan menghasilkan gen baik yang dapat diteruskan pada keturunannya kelak.

"Sayangnya, keuntungan ini hanya dimiliki oleh para pria jangkung, dan tidak terjadi pada perempuan yang tinggi. Pria lebih tertarik pada perempuan yang memiliki tinggi badan rata-rata atau bahkan lebih pendek," jelas Carrier.

Penjelasan alternatif lainnya, yaitu laki-laki jangkung akan lebih mampu mempertahankan sumber daya mereka, pasangan dan keturunan. Selain itu, laki-laki dengan postur tubuh yang lebih tinggi mempunyai keuntungan pula dalam perkelahian, karena dia akan bisa menguasai keadaan serta keseimbangan.

"Dari perspektif teori seleksi seksual, perempuan tertarik pada pria kuat, bukan karena pria yang kuat pandai berkelahi, melainkan karena pria yang kuat dapat melindungi mereka dan anak-anak mereka dari laki-laki lain," imbuh Carrier.

Baca juga:
Banyak Mahasiswi Mencari "Om-om Senang"
Ternyata, Perempuan Tak Peduli Ukuran "Mr P"
Banyak Pria Menikah tanpa Cinta
Perempuan Mampu Bercinta tanpa Cinta
Banyak Pria Membeli Seks untuk Mencari Cinta

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.