Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/04/2013, 11:28 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Jika dilihat sekilas, tidak semua ibu hamil punya ukuran perut yang sama. Ada yang besar, ada juga yang kecil, walaupan usia kehamilan mereka sama. Kenapa bisa demikian? Lalu apakah ukuran kandungan yang kecil bermasalah?

Ukuran kandungan yang kecil, atau dikenal juga dengan sebutan small for dates, merupakan keadaan di mana kandungan tampak lebih kecil daripada tahapan kehamilan pada umumnya. Untuk mengetahui apakah jabang bayi aman di dalam perut, Anda bisa melakukan pemeriksaan ultrasonografi (USG) atau scan. Sebagai tindakan awal, ada baiknya Anda memahami penyebabnya lebih jauh.

Beberapa faktor yang diyakini sebagai penyebab ukuran kandungan yang kecil pada tahapan kehamilan normal di antaranya:
* Masalah plasenta antara sang ibu dan jabang bayi. Masalah plasenta ini berkaitan dengan kondisi kesehatan si ibu yang mungkin mengalami sakit seperti tekanan darah tinggi atau penyakit hati.
* Kebiasaan merokok dan minum alkohol. Ini merupakan penyebab paling banyak yang menyebabkan terjadinya kelainan atau kemungkinan ukuran kandungan kecil.  Di luar itu, ada masalah pada bayi itu sendiri yang mungkin secara genetik abnormal, atau terkena infeksi.
* Faktor lainnya berkaitan dengan usia sang ibu itu sendiri. Jika usia ibu hamil masih di bawah 18 tahun atau di atas 35 tahun, ada kemungkinan memiliki ukuran kandungan yang kecil.

Untuk lebih amannya, Anda dianjurkan untuk menemui dokter kandungan dan melakukan pemeriksaan. Jika seandainya ada indikasi bahwa bayi tersebut tidak mendapat cukup nutrisi selama bertumbuh di dalam rahim, maka perlu diberikan beberapa tindakan supaya bayi tumbuh lebih baik.

Dalam salah satu kasus, seorang ibu yang usia kehamilannya 31 minggu memiliki ukuran kandungan yang kecil. Setelah diperiksa, dideteksi bahwa ibu ini memiliki masalah dengan peredaran darah. Oleh karena itu ia dianjurkan untuk beristirahat dari pekerjaannya. Dengan mengetahui penyebabnya, si ibu kemudian lebih siap dan menjalani proses kehamilan dengan lebih aman tanpa masalah.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.