Kompas.com - 03/04/2013, 20:02 WIB
EditorDini

T:
Saya berada dalam keadaan di mana, seolah saya selalu mengejar apa yang orang lain kejar. Mengejar mimpi orang lain, bukan merealisasikan mimpi saya yang sebenarnya. Bagaimana menyadarkan diri saya, bahwa seharusnya saya mengejar apa yang menjadi mimpi saya sebenarnya? Terima kasih. (Ayu Tantri, 20)

J:
Mbak Ayu yang baik hati,
Sebelum saya menjawab pertanyaan Mbak di atas, izinkan saya bertanya kepada Anda dan mohon dijawab sejujurnya:
1. Sebenarnya, apa impian Anda?
2. Apa yang membuat Anda terobsesi ingin mencapai impian orang lain?

Mungkin Anda bertanya di dalam hati, Ibu Ainy ini bagaimana sih, ditanya kok balik bertanya. Namun maksud kedua pertanyaan saya di atas adalah untuk membantu Anda mengenal diri Anda sendiri yang sebenarnya. Karena sebelum melangkah ke tahap berikutnya, Anda wajib menjawab kedua pertanyaan tersebut di atas. Sebaiknya jawaban Anda ditulis di kertas, untuk memudahkan Anda lebih mengenalnya.

Tahukah Mbak Ayu, sebenarnya setiap diri kita memiliki impian yang sangat ingin kita capai. Untuk mencapainya, memang dibutuhkan usaha yang terus menerus. Termasuk saya dan Anda.

Kalaupun Anda terobsesi dengan impian orang lain, ada beberapa kemungkinan penyebabnya. Misalnya, karena Anda terobsesi dengan orang tersebut dan ingin diakui. Bisa juga karena Anda melihat impian orang lain itu "di mata" Anda lebih mudah diraih daripada impian Anda sendiri, dan sebagainya.

Jadi, apa yang perlu Anda lakukan? Tiga langkah berikut ini perlu Anda lakukan secara konsisten.

Pertama, jadilah diri Anda sendiri. Terima dan syukuri kondisi apa pun yang melekat pada diri Anda.

Kedua, kenali apa impian Anda sebenarnya, dan berhentilah menjadi pribadi yang ingin diakui orang lain. Mengapa? Karena ini sama dengan menyakiti Anda sendiri. Dan menjadi diri sendiri adalah hidup yang paling nikmat di dunia ini.

Ambil tindakan nyata dari langkah yang paling sederhana secara konsisten. Fokuslah pada impian Anda. Banggalah dengan impian Anda dengan cara mengenali manfaat positif apa sajakah yang Anda dapatkan dan bermanfaat untuk orang lain? Karena, sekali Anda bangga dengan impian Anda, Anda akan berusaha sekuat tenaga mewujudkannya, dan bukan mewujudkan impian orang lain.

Ketiga, bertemanlah dengan lingkungan yang positif. Isilah kegiatan Anda sehari-hari dengan sesuatu yang memberi Anda manfaat, termasuk mengambil langkah nyata untuk meraih impian Anda. Bacalah buku-buku motivasi yang mendorong Anda untuk berpikir positif, percaya diri dan tangguh. Anda juga bisa main ke website saya www.ainyfauziyah.com untuk mendapatkan artikel-artikel motivasi secara gratis. Selamat melangkah!

Ainy Fauziyah, CPC
Leadership Coach & Motivator
Penulis Buku Best Seller ‘Dahsyatnya Kemauan’
www.ainyfauziyah.com
www.ainymotivationclass.com



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X