Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/04/2013, 20:15 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Mereka yang bersekolah di era '90-an pasti punya kenangan tersendiri. Dari tontonan televisi, musik, jajanan, jenis pakaian, hingga idola kesayangan. Semua memori ini sekarang bisa Anda kenang kembali dalam buku yang diberi judul Generasi 90-an.

Buku yang ditulis, lebih tepatnya digambar, oleh Marchella FP ini resmi diluncurkan di toko buku Kinokuniya, Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (4/4/2013). Peluncuran buku sekaligus menjadi ajang kopi darat akun twitter @Generasi90an, dan turut menghadirkan Samuel Mulia, penulis kolom Parodi di harian Kompas.

"Buku ini awalnya tugas akhir kuliah, lalu setelah melalui proses panjang akhirnya diterbitkan jadi buku," ujar Marchella, yang akrab disapa Checel.

Dalam buku ini, Checel menggambar dan memberi catatan semua hal yang berhubungan di era '90-an, terutama mengenai hiburan seperti jenis musik yang kerap didengar, tontonan televisi, mainan, pakaian yang lagi tren, serta bacaan yang populer.

"Era '90-an itu masa transisi yang gamang. Kalau diumpamakan jenis kelamin, dia tidak tahu mau jadi laki-laki apa perempuan," ujar Samuel memberi gambaran.

Sementara buat Checel, tema generasi '90-an ia pilih karena di masa itulah terjadi peralihan, dari yang konvensional hingga masuknya teknologi baru seperti gadget dan lainnya.

Buku yang diterbitkan penuh warna ini disusun hampir selama satu tahun, dan pertama kali beredar di pasaran pertengahan Februari 2013.

"Dalam 1,5 bulan, buku ini sudah memasuki cetakan ketiga," ujar Pax Benedanto, General Manager Kepustakaan Populer Gramedia (KPG).

Buku ini menjadi buku perdana terbitan Pop, lini penerbitan baru dari KPG, dan sukses menjadi incaran pembaca, terutama mereka yang tumbuh dan punya kenangan tersendiri di era -90-an.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.