Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/04/2013, 22:06 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Tidak ada formula khusus agar sebuah buku bisa menjadi laris. Jadi, siapa mengira kalau buku yang ditulis dan sekaligus digambar oleh Marchella FP dengan judul Generasi 90-an ternyata menjadi incaran banyak pembaca.

"Saya punya tiga alasan khusus dalam membuat buku," ujar Marchella, saat peluncuran bukunya di toko buku Kinokuniya, Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (4/4/2013). Tiga alasan ini menurutnya yang menjadi pendorong semangatnya untuk menuntaskan buku sampai akhirnya bisa diterbitkan.

Alasan pertama, kata Marchella, dia  kerap membayangkan kalau suatu saat dia menulis buku, maka buku itu haruslah sesuatu yang membuat orang lain bahagia dan berguna.

"Dari pencarian itu, saya menemukan bahwa hampir setiap orang bahagia saat mereka bernostalgia," ujar Marchella.

Maka dia melakukan riset, membuat kuesioner, dan berbicara dengan banyak teman. Hasilnya ternyata hampir semua orang punya kenangan manis di era '90-an, era transisi di mana imajinasi dan kehidupan sosial masih belum begitu tersentuh teknologi.

Alasan kedua, dia ingin memberikan sesuatu untuk anaknya kelak. Jika sekarang dia meluncurkan buku, Marchella bisa menyampaikan pada sang anak bahwa dalam suatu momen dia pernah membuat sesuatu yang bermanfaat buat orang lain.

"Setidaknya nanti juga bisa bilang ke anak, dulu hidup mama keren lho," ujarnya lugas.

Sementara alasan ketiga didorong oleh rasa penasarannya untuk membeli buku tentang nostalgia di era masih remaja. Namun buku semacam itu ternyata tidak ditemukannya. "Karena sampai saat itu belum ada, jadi saya memutuskan untuk bikin sendiri," ujar dia.

Setelah hampir setahun penuh, buku Generasi 90-an yang berisi tulisan dan gambar yang ia susun akhirnya terbit. Dan dalam rentang waktu 1,5 bulan saja, sudah memasuki cetakan ketiga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.