Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/04/2013, 20:26 WIB

KOMPAS.com - Setelah sukses di 11 negara, perusahaan kosmetik asal Amerika Serikat, Jafra, membuka secara resmi kantornya di Indonesia. Produk kecantikan yang ditawarkan meliputi perawatan kulit, tubuh, parfum, dan tata rias.

"Kami ingin membuat perempuan Indonesia juga tampil cantik, mandiri, dan percaya diri," ujar Evelyne Klepic, Managing Director Jafra Indonesia, saat peresmian kantornya di gedung Menara Duta, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (11/4/2013).

Indonesia menjadi negara kedua di Asia yang memasukkan produk-produk Jafra, setelah mendapat sambutan positif di India tiga tahun lalu. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1956 ini berkembang pesat setelah tahun 2004 berada di bawah naungan Vorwerk Group (perusahaan penjualan langsung yang berbasis di Jerman). Seluruh produk kosmetiknya diproduksi di pabrik yang ada di Meksiko dengan menghasilkan lebih dari satu juta unit setiap tahun.

Selain India dan Indonesia, Jafra juga ada di Amerika, Meksiko, Jerman, Italia, dan Rusia.

Sebagai tahap awal, Jafra Indonesia membawa sekitar 150 stock keeping unit (SKU) yang seluruh produknya telah mendapatkan akreditasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Produk tersebut meliputi empat kategori, yakni untuk perawatan kulit (pembersih, penyegar, pelembab), perawatan tubuh (shower gel, scrub, spa), wewangian (perempuan, laki-laki, dan remaja) serta kosmetik untuk tata rias seperti lipstik, bedak, dan cat kuku.

Produk perawatan kulit menjadi yang paling banyak diminati. Jafra mengaku memiliki formula khusus dengan inovasi teknologi yang tidak dimiliki perusahaan kosmetik lainnya.

Sistem penjualan
Meski baru meresmikan kantornya di Jakarta, Troy Fridatama, Marketing Manager Jafra Indonesia, menuturkan bahwa konsultan atau member Jafra sudah ada di beberapa daerah di Indonesia. Tidak hanya di Jakarta, tapi juga luar Jawa seperti Sumatera dan Kalimantan.

Sistem penjualan produk Jafra menggunakan dua metode, yakni penjualan langsung dan keanggotaan (membership). Dengan menjadi anggota, pembeli juga bisa menjadi konsultan atau agen yang menjualkan produk Jafra seperti konsep bisnis jejaring atau multi level marketing.

Karena itulah kemudian, Evelyne menyampaikan bahwa dirinya melihat Jafra tidak hanya menjual produk tapi juga bisa menjadi peluang bisnis bagi perempuan yang ingin mandiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com