Yenny Rachman Ingin Angkat RA Kartini ke Layar Lebar

Kompas.com - 12/04/2013, 16:59 WIB
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran kawakan, Yenny Rachman berpendapat di zaman seperti saat ini, kaum perempuan harus kembali diingatkan pada perjuangan Raden Ajeng Kartini yang membawa pencerahan. Yenny pun memilih untuk mengangkat kisah Kartini ke layar lebar untuk menyampaikan pesan itu.

"Generasi ke sini semakin easy going, lebih ke elu-elu, gue-gue. Saya kira Kartini itu bukan hanya perayaan tapi harus diimplementasikan seperti sekarang sudah banyak perempuan yang maju. Di kalangan teman saya, bilang 'Mbak Yenny bikin dong film Kartini lagi'," papar Yenny, usai jumpa pers Tokoh Wanita Indonesia RA Kartini di Gedung Dwi Warna-LEMHANAS RI, Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat Kamis (11/4/2013).

Dalam prosesnya, Yenny berharap film Kartini yang diproduksi di zaman sekarang harus lebih baik dibanding versi terdahulu. "Kalau Kartini dibikin di era sekarang harusnya lebih bagus dari Sjuman Djaya, dulu kita punya keterbatasan secara teknologi, jadi harus lebih bagus," ujar Yenny.

Bagi Yenny, cara seperti ini cukup ampuh untuk menyampaikan pesan moral melalui kisah perjuangan Kartini. "Film itu media visual yang sangat efektif, tadi sudah disampaikan contohnya seperti Ainun Habibie, dia sudah hampir dilupakan sama masyarakat. Tapi setelah ada filmya, semua orang jadi simpatik lagi sama Habibie, sama Ainun yang menjadi figur setia mendampingi suami," jelas Yenny.

Karena itu, Yenny memancing para senias muda untuk menulis skenario terbaik untuk film Kartini yang kemudian hasilnya akan dinilai oleh tim juri yang dipimpin artis peran Didi Petet.

"Kami memancing kreativitas penulis seperti apa Kartini. Tapi untuk menjadi sebuah skenario film besar ini harus diramu lagi, tetapi dengan begini kita jadi tahu persepsi generasi sekarang mengenai Kartini karena implementasinya sudah berbeda dari zaman Kartini. Jurinya ada Didi Petet yang sudah tidak diragukan lagi, kemudian ada Alex Komang dan lainnya yang masih harus di-approach. Dan mudah-mudahan sudah ada semua sebelum 25 Juli (2013)," Yenny memaparkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.