Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Efektif Membasmi "Tamu tak Diundang"

Kompas.com - 19/04/2013, 11:09 WIB

KOMPAS.com - Tanpa disadari, ketika Anda tidur nyenyak di tempat tidur, bersantai di sofa, atau duduk-duduk di karpet, ada binatang-binatang kecil yang "siap menganggu" kenyamanan. "Makhluk hidup tak diundang" itu adalah tungai debu atau dust mite (dermatophagoides pteronyssinus). Ini merupakan binatang yang hanya dapat Anda lihat di bawah mikroskop.

Saking kecilnya, Anda tidak akan dapat melihat "pengganggu kenyamanan" ini. Namun begitu, tidak dapat terlihat bukan berarti tidak terasa. Jika Anda bangun tidur dan merasa gatal dan  melihat ada bentol-bentol aneh, kemungkinan Anda telah berbagi tempat tidur dengan tungau.

Seperti dilansir  Wtsp.com, seorang dokter spesialis alergi J. Wayne Phillips mengatakan, "Setelah berpraktik selama 30 tahun, saya bisa mengatakan bahwa ini salah satu masalah terbesar. Setiap orang memiliki tungau debu di matras mereka, jadi ini hal biasa."

Berdasarkan risetnya, Phillips mengatakan area Tampa Bay merupakan daerah penyebaran tungau debu terbanyak di Amerika Serikat. Kawasan ini beriklim sub-tropika dengan musim panas yang hangat dan lembab. Tidak heran, masalah semacam ini juga terjadi di Indonesia yang memiliki iklim nyaris serupa.

American Academy of Allergy, Asthma, and Immunology menyarankan ada baiknya Anda membungkus matras dan bantal Anda dalam lapisan khusus anti alergen, mencuci seprai dan perlengkapan tidur lain di dalam air panas setiap minggu, mengeringkannya dalam pengering panas, mengurangi kelembaban ruangan dengan dehumidifier atau AC, serta tidak menggunakan lantai karpet.

Berikut ini langkah-langkah detil dan efektif menghilangkan tungau di kasur.

1. Lepas seprai, sarung bantal, dan guling Anda. Sertakan juga boneka, sapu tangan, dan apapun yang Anda gunakan untuk "menemani" Anda tidur.

2. Cuci semua perlengkapan tidur Anda tersebut dengan air panas. Anda dapat menggunakan detergen dan pemutih.

3. Jemur dan bersihkan tempat tidur. Gunakan pembersih anti bakteri untuk mengelap tempat tidur Anda. Bila perlu, gunakan pengering rambut dan panaskan kasur serta tempat tidur Anda. Fungsinya untuk mematikan tungau dan larvanya.

4. Cucilah seprai secara berkala. Jangan lupa, tungau debu hidup dari debu. Debu berasal dari sel kulit mati, remah makanan, dan spora jamur. Jadi, mandilah sebelum Anda berangkat tidur!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com