Kompas.com - 24/04/2013, 21:35 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Seperti tema yang diusungnya, "Treasure of Toraja", Alleira Batik menggali kekayaan corak tenun dari Tana Toraja untuk koleksi terbarunya. Motif-motif itu dibikin lebih modern dengan potongan busana serta aksen yang edgy.

Koleksinya didominasi warna-warna terang dan tentunya motif tenun Tana Toraja yang khas saat diperagakan di Lamoda Cafe, Plaza Indonesia, Jakarta, Rabu (24/4/2013). Warna-warna tanah seperti coklat muda dan tua dibuat bergradasi dengan kombinasi warna-warna yang bold dan terkesan dominan, seperti merah, kuning, oranye, putih, ungu, dan biru.

Yang menjadikan koleksi ini masih mengusung ciri khas Alleira adalah pada siluet busana yang chic, simpel, dan elegan. Seperti gaun simpel, mini dress, blus padanan celana berpipa lurus, H-line skirt yang klasik, serta jaket luaran yang dipenuhi oleh motif-motif tenun. Sebagai pelengkapnya, ada tambahan aplikasi foil, flocking, dan laser cut yang kemudian memberi kesan edgy.

Koleksi berjumlah total 45 outfit ini menggunakan bahan supersilk, alat tenun bukan mesin (ATBM), serta habutay. Unsur modern ditambahkan juga lewat aplikasi material suede dan kulit. Batik dengan motif tenun Toraja menjadi tampak modern kali ini.

Kesan itu bervariasi dari busana untuk wanita, pria, serta anak-anak. Pada busana wanita, ada koleksi blus dan rok dengan jaket luaran bermotif. Padu padan warna antara coklat muda dan tua, atau biru dan merah, memberikan kesan yang serasi. Sedikit aksen di pinggir lengan dan jaket warna senada menambah kesan fun

Ada pula dress dengan bagian kiri kanan yang sama, tapi bagian tengah diisi penuh dengan motif tenun dan kombinasi warna yang dibuat bergradasi. Sedikit main-main dengan potongan seperti memberi kancing di bagian dada, maka desain yang ini memberi kesan berbeda dan segar.

Lainnya, ada blus dengan paduan celana panjang yang bermain dengan warna biru dan merah. Motif tenun yang dominan pada atasan serta celana warna bold memberi aksen khas sendiri.

Yang menarik adalah mini dress tanpa lengan dengan motif mencolok di bagian tengah, yang memanjang dari dada hingga ke bagian bawah. Atau potongan gaun tanpa lengan dengan aksen di bagian leher yang seolah berkerah dan bereekor di bagian belakang punggung.

Untuk busana pria, koleksi ini didominasi kemeja lengan panjang yang ditandai dengan permainan warna yang bervariasi, dari yang terang hingga gelap. Alleira cenderung memanfaatkan warna terang sebagai warna dasar seperti merah, oranye, atau biru. Motif atau corak tenun didesain penuh pada kemeja dengan kancing tersembunyi.

Di bagian akhir, ada Alleira for Kids, untuk anak-anak. Baju santai untuk anak perempuan dan laki-laki ini cenderung berwarna lebih terang dan berkesan riang. Permainan gradasi warna juga tampak lebih dominan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X