Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Venezuela Gagalkan Pengiriman 2,7 Ton Kokain

Kompas.com - 27/04/2013, 02:08 WIB

CARACAS, KOMPAS.com — Pemerintah Venezuela menyita hampir 2,7 ton kokain berkualitas tinggi di Negara Bagian Zulia, bagian barat daya negeri tersebut, Kamis (25/4/2013). Kokain tersebut diberi label sebagai plastik daur ulang untuk mengelabui pemeriksaan.

"Kami bisa melancarkan pukulan terhadap jaringan penyelundup narkotika internasional dengan menyita 2.694 kilogram kokain yang dikemas dalam beberapa paket khusus ... dan kami menduga barang haram itu ditujukan ke Amerika Tengah, Honduras," kata Menteri Dalam Negeri dan Kehakiman Miguel Rodrigue, seperti dikutip dari kantor berita Venezuela (AVN), Kamis (25/4/2013).

Rodrigue mengatakan, paket kokain itu dicegat di Pelabuhan Maracaibo dan ditemukan berlabel "plastik untuk daur ulang" guna menghindari pendeteksian. Penyitaan ini merupakan yang terbesar ketiga selama setahun ini, seperti dikutip dari kantor berita Xinhua, Jumat (26/4/2013). Pada Februari 2013, lima ton mariyuana disita di Negara Bagian Tachira, di perbatasan barat daya negeri itu. Sementara pada awal Maret, sebanyak 4,1 ton kokain disita di Zulia.

Pada kuartal pertama 2013, Pemerintah Venezuela menyita lebih dari 14,6 ton narkotika. Angka tersebut naik 32,4 persen dibanding penyitaan di periode yang sama pada 2013. Sebagai barang bukti, 45 ton obat-obatan terlarang telah disita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com