Kompas.com - 29/04/2013, 14:06 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Mengidap alergi bukan hal yang menyenangkan. Hanya karena hal-hal sepele seperti debu dan tungau, aktivitas Anda sepanjang hari dapat terhambat.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini sepuluh tips merawat rumah bagi Anda yang mengidap alergi:

1. Tentukan dan patuhi jadwal membersihkan rumah

Sebisa mungkin, hindari adanya debu dan bulu binatang di dalam rumah Anda. Pastikan Anda mengelap permukaan di dalam rumah dengan lap lembab ketimbang sekedar menggunakan kemoceng untuk menghilangkan debu. Menggunakan kemoceng hanya "membuang" debu kembali ke udara.

2. Biasakan melepas sepatu di dalam rumah

Cara ini merupakan salah satu cara menghindari masuknya debu dan serbuk sari dari luar rumah. Anda bisa menyediakan sandal khusus dalam rumah untuk tamu dan anggota keluarga Anda.

3. Ganti pembersih vakum di rumah

Ada baiknya Anda segera mengganti pembersih vakum dengan filter HEPA yang mampu menyerap alergen.

4. Mengganti gorden

Selain pembersih vakum, Anda juga perlu mengganti gorden dengan bahan lebih ringan dan memiliki sedikit lipatan. Gorden berbahan berat dan penuh lipatan dapat menyimpan lebih banyak debu dan alergen. Anda juga dapat mengganti gorden Anda dengan tirai (blinds) yang dapat dengan mudah Anda bersihkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.