Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/05/2013, 15:56 WIB

KOMPAS.com - Dipastikan akan ada parade tenun Indonesia di gelaran Festival Film Cannes 2013 yang akan digelar di Cannes, Perancis, pada 15-26 Mei mendatang. Koleksi Cita Tenun Indonesia (CTI) dan Ikat Indonesia oleh Didiet Maulana adalah dua di antaranya.

Tahun ini, L’Oreal Paris membawa serta brand ambassador dari Indonesia, Maudy Koesnaedi, ke Cannes. Kesempatan ini juga menjadi momen buat desainer Indonesia turut serta menampilkan koleksi rancangannya.

Didiet mengungkapkan, dirinya telah menyiapkan gaun malam berbahan sifon dan tenun dari Makassar untuk dipakai Maudy .

“Saya menggunakan tenun dari Makassar dengan warna oranye yang sesuai dengan warna kulit Maudy, dan nuansa senada dengan riasan wajahnya,” ujar Didiet, saat ditemui di sela-sela acara "A Celebration of Indonesian Women of Worth" di The Dharmawangsa, Jakarta, Rabu (8/5/2013) lalu.

Gaun yang akan dikenakan saat after party di Cannes itu didesain dengan bahu terbuka hingga bagian punggung. Lalu di sekitar dada ditebar batu kristal. Didiet meyakinkan kalau aksen Indonesia sangat kental dalam rancangannya.

Amy Wirabudi dari majalah InStyle Indonesia menambahkan, pengalaman tahun lalu saat Dian Sastrowardoyo ke Cannes menjadi catatan penting untuk tahun ini. Ternyata Dian tidak hanya menjadi sorotan saat di karpet merah saja, tapi justru sejak turun dari pesawat dan menghadiri berbagai event penting lainnya.

“Maka kita mesti siapkan kesempatan dan momen sebaik-baiknya, jadi ajang buat mengenalkan rancangan khas Indonesia,” ujarnya.

Dari Cita Tenun Indonesia, dua desainer yang baru saja memeragakan rancangannya di New York, yaitu Auguste Soesastro dan Ardistia Dwiasri, akan turut mengirimkan koleksi mereka. Kedua desainer tersebut telah menggarap tenun dari berbagai daerah dalam rancangannya.

Selain Didiet Maulana, Auguste Soesastro, dan Ardistia Dwiasri, desainer Indonesia lain yang akan memamerkan koleksi mereka untuk dikenakan Maudy dalam event ini adalah Sebastian Gunawan dan Rusly Tjohnardi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com