Kompas.com - 10/05/2013, 20:59 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Kehamilan yang sudah dinanti-nanti dan akhirnya tiba, tentu membuat Anda dan pasangan berbunga-bunga. Anda pun memutuskan untuk melakukan semua yang terbaik untuk si calon bayi. Dari makanan yang dikonsumsi, hingga tentunya memilih dokter kandungan yang akan merawat Anda selama hamil.

Sebelum memutuskan memilih dokter kandungan tertentu, berikut ada beberapa tip yang bisa dipertimbangkan:

* Tanyakan pada diri Anda mana yang lebih nyaman, dokter pria atau wanita, karena ini tergantung pada pribadi masing-masing.
* Pilih dokter kandungan yang dekat dengan tempat bekerja atau rumah. Tak perlu memilih dokter dengan reputasi terkenal, tapi tempat praktiknya sangat jauh dari tempat tinggal atau kantor. Kecuali jika ibu bisa berkompromi dengan antrean panjang dan waktu lebih lama ke tempat tujuan.
* Anda tidak harus memilih dokter kandungan yang sudah menyandang titel sub-spesialis tertentu, kecuali jika kehamilan Anda memang membutuhkan ahli tertentu.
* Minta referensi dari orang-orang yang bisa dipercaya.
* Jika Anda ingin menyusui secara eksklusif, pilih dokter yang sepaham sehingga Anda bisa melakukan inisasi menyusu dini.
* Dokter kandungan yang baik akan komunikatif dan bersedia dihubungi setiap saat. Bukan tidak mungkin ada masalah atau keluhan yang muncul secara mendadak selama kehamilan dan perlu dikonsultasikan dengan dokter.
* Pilih dokter kandungan yang sesuai dengan ekonomi, termasuk  yang menjalin kerja sama dengan asuransi atau kantor Anda.

(Tabloid Nakita)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.