Kompas.com - 15/05/2013, 15:53 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Tanpa terasa, Batik Keris telah melayani kebutuhan konsumen akan batik tradisional selama 93 tahun. Perusahaan batik yang berawal dari toko batik bernama "Keris" di Solo ini merayakannya dengan merilis koleksi busana batik yang menyatukan nuansa Jawa, Peranakan, dan Eropa.

Koleksi busana batik untuk tahun 2013 ini masih menampilkan ciri khas Batik Keris berupa penggunaan warna-warna alam dan warna-warna sogan khas Solo. Untuk kaum muda dan anak-anak, Batik Keris juga meluncurkan koleksi busana kasual dengan warna-warna yang lebih cerah dan motif yang lebih bebas. Secara desain pun ada upaya untuk membuat koleksi busananya lebih mengikuti tren.

Koleksi busana Batik Keris bertema Puspa Nusa ini ditampilkan dalam suatu peragaan busana di Center Court Mal Puri Indah, Jakarta, beberapa waktu lalu. Ada lima lini busana yang ditampilkan, yaitu Profesional, Collection, Family, Teenager, dan Kids.

Profesional adalah koleksi batik untuk busana kerja pria dan wanita. Koleksi untuk wanita terdiri atas baju terusan selutut maupun atasan dan bawahan dengan model yang simpel. Keunikan muncul pada permainan warna dan motif, misalnya warna merah yang dipadukan biru, atasan batik yang dikombinasikan dengan dalaman atau bawahan polos, juga motif besar yang ditabrakkan dengan motif kecil-kecil yang menjadi ciri khas Batik Keris.

Untuk pria, koleksinya berupa kemeja lengan panjang maupun pendek yang cenderung bermotif klasik seperti Sekar Jagad atau Bawono Rejo. Warna-warnanya lebih gelap seperti hijau, ungu, biru tua, atau sogan. Bahan yang digunakan (juga untuk koleksi wanita) adalah perpaduan dobi dan katun, yang dibatik dengan teknik cap.

Collection adalah koleksi busana untuk momen yang lebih formal atau istimewa. Terlihat dari digunakannya sutera sebagai material bahannya, dan teknik batik tulis untuk membuatnya. Untuk pria koleksinya berupa kemeja lengan panjang dengan motif flora yang ukurannya besar-besar, dengan warna ungu dan sogan sebagai pilihan.

Untuk perempuan, warna dan desainnya lebih bervariasi. Anda bisa menemukan gaun terusan kuning kunyit dengan aksen warna biru di bagian leher, gaun asimetris bertumpuk dari bahan sifon yang melayang, atau baju terusan yang diperlakukan sebagai luaran, dilengkapi ikat pinggang serut sebagai pengikat, dan dalaman warna polos.

Tampil kompak sebagai satu keluarga tidak harus ditunjukkan dengan busana yang serba kembar atau sarimbit. Dalam koleksi Family, motif batik yang ditawarkan tidak selalu sama antara ayah, ibu, serta anak laki-laki dan perempuan. Desainnya cenderung semiformal-kasual dengan motif yang kecil-kecil dan sedang. Koleksi untuk ayah berupa kemeja pria berlengan pendek dengan aplikasi di bagian depan (sepanjang lokasi kancing) dengan motif dan warna berbeda, ciri khas Batik Keris.

Koleksi untuk Teenager tampak benar-benar menyegarkan. Kemeja slim fit atau pas badan berlengan pendek memperlihatkan motif yang sangat bervariasi dan warna-warna cerah seperti oranye, kuning, dan ungu. Tabrak motif pada kemeja pria tentunya membuat koleksi ini lebih fun. Kemeja juga bisa dikenakan tanpa dikancingkan, dengan dalaman t-shirt, serta celana jeans.

Namun, koleksi ini tentunya juga bisa dikenakan untuk pria bekerja. Apalagi kemeja slim fit, menurut Lina Handianto Tjokrosaputro, Komisaris Utama Batik Keris, merupakan koleksi yang banyak dicari belakangan ini. Hal ini disebabkan kaum pria rupanya sudah cukup percaya diri untuk memakai kemeja yang pas di badan, menampakkan tubuh yang kencang dan bugar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.