Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/05/2013, 15:38 WIB

KOMPAS.com - Industri fashion saat ini tidak terlepas dari sejarah fashion dan sosok yang tak kenal lelah memperkenalkan fashion ke masyarakat luas. Karenanya, Jakarta Fashion and Food Festival 2013 menggelar Fashion Icon Awards sebagai apresiasi terhadap upaya para legenda fashion dalam memperkenalkan dan mengembangkan dunia mode Indonesia.

Selama delapan tahun penyelenggaraannya, sudah banyak tokoh dunia fashion yang terpilih sebagai Fashion Icon. Kini, mereka yang terpilih bukan hanya yang bergerak di dunia mode, tetapi juga yang memiliki sumbangsih berupa tenaga, pemikiran, serta karya-karya, terutama yang mengedepankan kekayaan budaya Indonesia, agar dunia mode Indonesia dapat bersaing di pasar mode internasional.

Untuk kategori Fashion Support, tahun ini Fashion Icon Awards diberikan kepada Jultin Harlotina Kartasasmita. Dedikasinya pada kain batik menjadikannya sosok yang perlu diikuti jejaknya oleh para generasi muda. Jultin terus berupaya agar generasi muda dapat mencintai batik sebagai kekayaan Indonesia dan ikut melestarikannya.

"Saya tidak menyangka bisa dianggap patut diberi penghargaan seperti ini, padahal saya merasa belum berkecimpung lebih dalam. Semoga ke depannya, saya bisa menjadi lebih baik dan mengangkat batik di mata masyarakat lebih dalam lagi," tuturnya, saat menerima di Hotel Harris, Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (15/5/2013) lalu.

Kategori Designer Award diperoleh Carmanita. Perancang yang pernah membatik dengan teknik air brush di sekujur bodi mobil Mercedes-Benz ini mendedikasikan seluruh karya rancangannya dalam bentuk batik. Meski bukan lulusan sekolah mode, melainkan di bidang keuangan, namun kecintaan Carmanita pada dunia mode membuat dirinya total berkarya di dunia mode.

"Batik adalah kekayaan budaya yang bisa kita kembangkan lebih jauh lagi," papar Carmanita, yang menerima penghargaan tersebut dari istri Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama, Veronica Tan.

Sebagai puncaknya, JFFF juga mempersembahkan Lifetime Achievement Awards kepada almarhumah Adriana Paula Kawilarang atau yang dikenal sebagai Non Kawilarang, pelopor industri mode Indonesia. Ibu dari aktris Rima Melati itu telah melahirkan sejumlah desainer ternama Indonesia seperti Ramli, Poppy Darsono, dan Iwan Tirta.

"Saya tidak menyangka bahwa beliau (Non Lawilarang) terus diingat sampai sekarang. Harus diakui perkembangan mode Indonesia kini makin berkembang dan makin banyak lahir desainer baru di negara ini," ungkap Rima, mewakili ibundanya menerima penghargaan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com