5 Tipe Orang Pengacau Meeting

Kompas.com - 28/05/2013, 10:17 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Anda mungkin termasuk orang yang harus sering menghadiri rapat di kantor. Mengingat masih banyak pekerjaan yang ingin diselesaikan, tentu Anda ingin rapat berjalan efektif dan selesai sesuai waktu yang diperkirakan. Namun, sering kali yang terjadi itu tidak sesuai harapan. Selalu ada saja orang yang mengganggu jalannya rapat. Untuk itu, tidak ada salahnya Anda mengetahui siapa saja tipe pengganggu rapat dan bagaimana cara mengatasinya:

1. Tipe pembela yang lemah

Rekan yang satu ini selalu bicara lantang dan mengaku bicara mewakili rekan-rekan yang enggan mengeluarkan pendapatnya. Dia sering melabrak ide-ide yang diajukan seseorang di rapat, mengatakan bahwa ide tersebut tidak masuk akal atau konyol, padahal ide-ide itu sebenarnya sangat bagus. Segera tindak orang-orang seperti ini dengan berkata, "Tolong, ya, X (namanya), sekarang kita sedang mendengarkan presentasi Y (nama yang diserang). Mohon disimak baik-baik dulu." Jika Anda membiarkannya terus mengacau, mereka akan semakin menjadi-jadi.

2. Tipe hobi berbicara
Tipe ini selalu ingin didengarkan dan tidak memahami atau tidak peduli aturan dasar berdiskusi dalam rapat. Mereka selalu ingin berbicara panjang-lebar tak menentu di rapat, terkadang keluar dari topik yang dibicarakan. Tak jarang juga apa yang disampaikan sangat tidak berhubungan dengan agenda rapat. Segera interupsi orang ini dengan berkata, "Terima kasih atas opininya. Sekarang kita kembali ke agenda rapat, ya."

3. Tipe sok visioner
Yang satu ini tipe filsuf frustrasi yang punya kebiasaan mengacaukan rapat dengan mengajukan ide-ide yang pada saat pertama didengar mungkin berkesan sangat mendalam akan membuat Anda ikut berpikir. Misalnya dengan berkata, "Bagaimana kalau kita bisa melipatgandakan revenue perusahaan?". Namun, bila sikap seperti ini berkali-kali ditunjukkan, lama-lama Anda akan  kesal karena sangat tidak masuk akal dan sok idealis. Timpali orang ini dengan humor, misalnya dengan berkata, "Ya, kita semua tentu ingin pendapatan perusahaan naik dengan tajam. Tapi sekarang kita perlu berdiskusi, kenapa kita bisa kehilangan klien yang ini."

4. Tipe hobi bertanya
Rekan yang ini selalu dan selalu bertanya, karena dia berpikir itu akan membuatnya terlihat pintar dan perhatian pada apa yang disampaikan di rapat. Namun, ia tidak menyadari betapa mengganggunya perilaku ini. Kecuali orang itu adalah bos Anda, katakan padanya bahwa pertanyaan-pertanyaannya akan dicatat dan dibahas nanti dalam sesi khusus. Biasanya orang ini sebenarnya tidak punya pertanyaan, jadi bila ditantang demikian mereka biasanya akan segera diam dan tidak bertanya lagi.

5. Tipe timbang sana-sini
Tipe ini bisa menjelaskan dengan baik sisi positif dan negatif dari segala hal. Tetapi jika ini dilakukannya untuk setiap pertimbangan yang muncul pada rapat, sepertinya rapat yang rencananya hanya diadakan selama satu jam bisa molor hingga 3 jam. Karenanya, segera tanyakan padanya, "Sebenarnya Anda menentang atau setuju?" atau pertanyaan lain yang intinya memintanya menegaskan apa pendapatnya. Dengan begitu, Anda akan bisa menghemat waktu rapat.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X