Kompas.com - 31/05/2013, 15:56 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Pemakaian pelembab dianjurkan untuk dilakukan sejak dini, bahkan sebaiknya sudah dilakukan sewaktu kita masih bayi. Pada malam hari, pemakaian pelembab sebelum tidur sangat dianjurkan, karena pada saat itu proses regenerasi kulit yang terjadi dua kali lebih baik dibandingkan pada siang hari.

"Saat kita tidur, regenerasi kulit menjadi semakin baik dan mudah mengalami penguapan. Biasanya body lotion yang dikenakan pada malam hari dirancang khusus dengan menggunakan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk regenerasi," jelas dr Sarah Hutapea, SpKK, dokter spesialis kulit, saat media gathering di Hotel Pullman Central Park, Jakarta, Rabu (29/5/2013) lalu.

Akan tetapi, ada sebagian orang yang memiliki kulit sensitif, sehingga tidak dapat menggunakan body lotion pada malam hari. Hal ini tentu akan menyulitkan proses regenerasi kulit pada tubuhnya. Menurut Sarah, kulit sensitif umumnya disebabkan kandungan bahan pada pelembab tidak cocok dengan jenis kulitnya.

"Memang ada orang yang memiliki kulit sensitif, sehingga ia merasa seperti perih atau terbakar saat memakai body lotion. Jika hal itu terjadi, sebaiknya dia mengganti lotion dengan cream, atau menggunakan minyak zaitun," paparnya.

Minyak zaitun mengandung lemak baik seperti yang terdapat pada alpukat, yang melembabkan dan mengenyalkan kulit dengan kombinasi vitamin A dan E-nya, demikian menurut situs The Daily Green. Minyak zaitun mampu meredakan iritasi, kemerahan, rasa kering, atau gangguan lain pada kulit akibat faktor lingkungan. Anda bisa mengaplikasikan minyak zaitun ke kulit dengan kapas, atau tuangkan saja beberapa tetes ke dalam moisturizer untuk meningkatkan efektivitasnya.

Minyak zaitun tidak hanya berkhasiat sebagai pelembab. Bahan ini juga bisa digunakan sebagai pembersih make-up, terutama untuk riasan di sekitar mata. Pembersih make-up yang dibeli di toko kadang-kadang terlalu keras untuk kulit sekitar mata yang lembut dan tipis. Minyak zaitun akan melunturkan maskara hanya dengan menyapukannya saja, tanpa perlu menekan atau menggosoknya terlalu kencang. Basahi kapas dengan minyak zaitun, lalu tempelkan pada area mata yang ingin dibersihkan selama 30 detik.

Polusi udara dan sinar matahari bisa merusak kulit. Vitamin E pada minyak zaitun akan membantu melawan radikal bebas, penuaan pada wajah, dan kerusakan lain yang diakibatkan oleh paparan polusi dan sinar matahari. Aplikasikan langsung minyak zaitun pada kulit yang mengalami penuaan atau kerusakan, untuk membantu mendapatkan penampilan yang muda, dan mengurangi efek radikal bebas pada kulit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.