Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/06/2013, 10:56 WIB

TANYA:

Saya gadis berusia 21 tahun dan akan menikah bulan Agustus nanti, namun saya melakukan kesalahan besar karena saya telah melakukan hubungan intim dengan tunangan saya. Sekarang yang mau saya tanyakan saya terlambat haid yang seharusnya tgl.10 sampai sekarang belum.

Tadi pagi saya pikir akan haid namun ternyata cuma bercak sedikit darah, yang saya takutkan saya hamil karena pada diri saya ada beberapa ciri tanda kehamilan seperti payudara sakit, pinggang sering nyeri, cepat lelah, bahkan makan makanan yang jarang saya makan jadi nafsu makan saya bertambah.
 
Apa benar saya hamil Dok ? Mohon di jelaskan tanda-tanda kehamilan yang sebenarnya ? Tolong Dok, saya butuh bimbingan Dokter. Hal ini buat saya stres.
Arenta, Jakarta

JAWAB:

Dari keterangan yang anda berikan, sangat mungkin Anda hamil. Lakukan test pack aja untuk memastikannya. Supaya lebih pasti lagi, lakukan pemeriksaan ke dokter.

Apapun hasilnya, yang penting Anda jangan panik. Hadapi dengan tenang dan penuh tanggung jawab. Jangan pernah mencoba ke dukun atau alternatif lainnya, karena akan membahayakan. Semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com