Kompas.com - 06/06/2013, 13:56 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com - Smoothie dapat menjadi pilihan asupan untuk sarapan, pencuci mulut, juga camilan karena minuman ini memberi asupan buah dan sayuran untuk tubuh Anda. Tapi hati-hati, smoothie juga bisa menjadi minuman berkalori tinggi, mengandung banyak gula dan lemak jahat jika pemilihan bahan bakunya tidak tepat.

Untuk membuat smoothie yang sehat sebagai pilihan makanan di rumah, pertimbangkan pilihan bahan bakunya. Pakar nutrisi Breana Lai, MPH, RD mengatakan smoothie yang sehat harus mengandung protein dan serat, yang membuat Anda kenyang juga mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral.

Jadi, pastikan bahan baku ini terdapat dalam smoothie buatan Anda:
* Protein: didapatkan dari yogurt rendah lemak, susu tanpa rasa rendah lemak, susu kefir rendah lemak, tahu, selai kacang, selai almond, susu kedelai tanpa rasa, susu almond tanpa rasa.
* Buah: sebaiknya pilih buah terbaik untuk smoothie sehat yakni jenis beri-berian, mangga, nanas, peach, pisang, apel, melon, cherri, aprikot.
* Sayuran: pilih sayur segar seperti wortel, kale, bayam, mentimun.
* Tambahan rasa: bisa menggunakan flaxseed, biji chia, oat, jahe, kayu manis, ekstrak vanila, air kelapa, bubuk cokelat tanpa pemanis.

Nah, untuk menjaga agar smoothie buatan Anda tetap sehat, hindari penggunaan bahan-bahan ini:
* Pemanis.
* Produk susu lemak tinggi.
* Yogurt aneka rasa.
* Whipped cream.
* Es krim.
* Sirup cokelat.
* Santan.
* Sirup.
* Sorbet.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.