Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/06/2013, 09:28 WIB

KOMPAS.com - Punya bibir yang pecah-pecah dan kasar tentu tidak enak dilihat. Untuk mengatasinya, kadang Anda membasahinya dengan ludah. Tapi akibatnya malah menimbulkan rasa perih dan gatal.

Bibir pecah-pecah dan kasar sebenarnya disebabkan bibir yang terlalu kering akibat penumpukan kulit mati. Selain menambah asupan cairan ke tubuh, ada beberapa cara untuk membuat bibir Anda jadi halus dan lembut seperti bibir bayi.

1. Krim susu
Krim susu yang lembut bisa membantu Anda melembutkan bibir yang pecah-pecah. Caranya, aplikasikan krim susu ke bibir, kemudian gosok perlahan. Krim susu akan menghilangkan kulit mati serta menghaluskan bibir. Setelah itu, bersihkan bibir dengan menggunakan air dingin agar bibir merona alami.

2. Mentega

Aplikasikan mentega ke bibir yang kering minimal 30 menit sebelum mandi. Mentega akan menghaluskan bibir dan menjaganya tetap lembab. Sebaiknya pilih mentega tawar (unsalted butter) untuk mencegah bibir berubah menjadi kehitaman.

3. Jus delima

Jus delima (pomegranate) selain bermanfaat untuk kesehatan dan kehalusan kulit ternyata juga bisa membuat bibir tampak memerah secara alami. Meskipun enak diminum, tapi untuk mendapatkan bibir merah merona, Anda harus mengoleskannya di bibir. Jika ingin hasil yang lebih maksimal, campur saja jus delima ini dengan krim susu atau butter. Tambahkan juga beberapa tetes madu untuk menjaga bibir tetap lembab dan lembut.

4. Lemon

Mengoleskan lemon ke bagian bibir juga akan membuat bibir jadi lembut dan berwarna merah. Tempelkan irisan lemon ke bibir minimal seminggu dua kali. Dalam hal ini lemon berfungsi sebagai "bahan pemutih" untuk menghilangkan kotoran di bibir. Gunakan cara ini untuk mengatasi bibir pecah-pecah, bibir kering, dan bibir yang menghitam.

5. Gula

Kulit mati dan kotor akan membuat bibir terlihat kering dan gelap. Cara yang paling mudah dan tepat untuk membersihkannya adalah dengan menggunakan scrub gula. Campurkan gula pasir dengan sedikit air, kemudian gosok ke bibir. Bilas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com