Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/06/2013, 13:49 WIB

KOMPAS.com - Indonesia kaya akan hidangan penutup, baik yang disajikan hangat atau dingin. Hidangan serba manis seperti es campur atau es cendol tentu bisa jadi penyegar saat cuaca begitu panas. Nah, kali ini bagaimana kalau kita buat cendol sendiri. Selain lebih higenis juga rasanya pasti lebih lezat.

Pertama siapkan dulu cetakannya. Cetakan cendol ada yang berbentuk tabung, jadi adonan dimasukkan ke dalam cetakan tabung yang berlubang di bagian bawahnya, atau cetakan berbentuk persegi seperti loyang dengan tangkai dan lubang di bagian bawahnya.

Kedua, siapkan baskom berisi air es. Gunanya untuk menampung cendol yang keluar dari cetakan, sehingga cendol langsung membeku dan tidak saling menempel.

Sekarang kita siap membuat cendolnya. Gunakan sagu hunkwe dan air dengan perbandingan 1 dibanding 8, atau 1 bagian tepung hunkwe dan 8 bagian air. Airnya bisa air daun suji supaya warnanya hijau dan lebih harum. Masak campuran hunkwe ditambah beberapa lembar daun pandan sambil diaduk hingga meletup-letup.

Tuang ke dalam cetakan yang di bagian bawahnya terdapat baskom berisi air es. Tekan cetakan sehingga cendol keluar. Tambahkan es jika perlu, supaya cendol tidak menempel. Kalau sudah selesai, ganti air dengan air matang.  Sekarang cendol sudah siap disajikan, dengan menambahkan gula merah cair, santan, dan es batu. Mau ditambahkan nangka atau tape juga boleh. Selamat mencoba.

(Klub Nova/Erwin Kuditawati)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com