Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fadel: Taufiq Sempat Singgung soal Kematian

Kompas.com - 09/06/2013, 20:26 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad mengaku kerap mendengar Taufiq Kiemas berseloroh tentang kematian. Tidak hanya sekali, bahkan Taufik setiap kali bertemu dengan Fadel menyinggung soal masa-masa terakhirnya.

"Kenangan saya yang menarik adalah saat menjelang pilpres waktu itu saya masih jadi gubernur, terus beliau bilang bahwa ini kans terakhir beliau untuk mengajukan Ibu Mega," kenang Fadel seusai menghadiri pemakaman Taufiq Kiemas di TMP Kalibata, Minggu (9/6/2013).

Ketika itu, Fadel menuturkan dirinya langsung bertanya maksud kata "terakhir" yang dilontarkan suami dari Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. "Terus beliau jawab, ya barangkali beberapa tahun ke depan saya mungkin akan mati," cerita Fadel.

Firasat Fadel pun semakin menguat ketika terakhir bertemu dengan Taufiq di Arab Saudi beberapa waktu lalu. "Saya sempat bercanda dengan beliau dan lagi-lagi beliau menyinggung tentang dirinya yang sudah tua dan juga soal kematian," kata mantan Gubernur Gorontalo tersebut.

Fadel menjelaskan, Taufiq memang sosok yang santai dan kerap melontarkan candaan. Namun, perkataan Taufiq tentang hari-hari terakhirnya ini menimbulkan kesan tersendiri bagi Fadel. "Saya rasa beliau itu seperti sudah punya perasaan akan segera dijemput Tuhan," ujarnya.

Seperti diketahui, Taufiq wafat karena penyakit komplikasi yang selama ini dideritanya pada Sabtu (8/6/2013) malam di Singapura. Taufiq ketika itu sedang menjalani perawatan di rumah sakit di Singapura sejak Senin (3/6/2013). Taufiq menjalani perawatan setelah mendampingi Wakil Presiden Boediono meresmikan Monumen Bung Karno dan Situs Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende, Nusa Tenggara Timur, pada Sabtu (1/6/2013). Peresmian dilakukan bertepatan dengan peringatan hari lahir Pancasila, 1 Juni 1945.

Taufiq meninggal pada usianya yang ke-70. Ia meninggalkan seorang istri, Dyah Permata Megawati Setyawati atau Megawati Soekarnoputri, dan tiga anak, yaitu Mohammad Rizki Pratama, Mohamad Prananda Prabowo, dan Puan Maharani Nakshatra Kusyala.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com