Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/06/2013, 23:24 WIB

KOMPAS.com - Hampir sama seperti peralatan make-up pada umumnya, parfum juga tak mencantumkan masa kedaluarsanya. Padahal sebenarnya, kandungan bahan kimia dalam parfum selalu berubah akibat reaksi kimia yang terjadi. Akibatnya, keharumannya menjadi berkurang dan tak tahan lama. Namun hal ini bisa diatasi dengan cara penyimpanan yang tepat.

1. Ketika memilih parfum, sebaiknya pilih yang berbotol agak buram dan kedap udara. Paparan sinar matahari dan udara dari waktu ke waktu akan memecah partikel dalam parfum sehingga mengurangi aroma parfumnya. Penggunaan botol buram dan kedap udara ini akan melindungi parfum dari pengaruh luar seperti ini.

2. Sebaiknya pilih parfum yang sudah dikemas dalam botol semprot. Dengan demikian, Anda tak perlu memindahkannya ke dalam botol semprot lainnya. Mentransfer parfum akan menimbulkan reaksi yang merusak parfum.

3. Pastikan untuk menutup tutup botol parfum model apapun dengan rapat.

4. Hindari mengekspos parfum di bawah paparan sinar matahari langsung, atau di tempat yang sangat lembab. Selain itu jangan meletakkan parfum di kamar mandi, karena kamar mandi yang lembab bukanlah lokasi yang tepat untuk menyimpan parfum. Suhu ideal untuk menyimpan parfum adalah suhu dingin. Meski demikian jangan pernah menyimpan parfum di dalam lemari es, karena kelembaban lemari es bisa merusak partikel dalam parfum.

5. Tempat penyimpanan parfum yang paling tepat adalah tempat yang redup. Lemari, laci meja rias, atau tempat tertutup lainnya adalah tempat yang paling tepat. Ketika botol parfum diletakkan di rak terbuka, pencahayaan ruangan bisa memecah aroma parfum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com