Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjaga Kebiasaan Makan Sehat di Musim Liburan

Kompas.com - 24/06/2013, 09:42 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

Sumber LiveStrong

KOMPAS.com - Bagi penganut prinsip makan sehat, liburan bisa jadi sumber godaan besar yang bisa merusak program diet. Makanan pesta atau kuliner khas daerah yang dikunjungi saat pergi berlibur tentu dapat menggugah selera.

Namun liburan bukan alasan untuk berhenti sementara dari kebiasaan makan sehat. Jika kita sudah mempersiapkan diri sebelumnya, maka berkata "tidak" pada godaan makanan akan lebih mudah daripada yang dipikirkan sebelumnya. Berikut kiat untuk mempersiapkan diri menuju perayaan liburan.

1. Batasi diri
Makanan favorit tentu akan sangat menggoda. Solusinya, kita bisa membatasi porsi makanan favorit yang penuh lemak, misalnya tiga gigitan. Cara ini akan memberikan rasa puas terhadap makanan tersebut tanpa mendapatkan keseluruhan kalorinya.  Perlambatlah waktu makan, rasakan kelezatan makanan yang dimakan di setiap gigitannya. Maka rasa puas akan terbentuk dengan sendirinya di otak.

2. Makan terlebih dulu
Makan di rumah sebelum pergi ke perayaan mungkin dapat mengurangi keinginan untuk makan banyak setelahnya. Pilih makanan yang mengandung banyak serat seperti sayur-sayuran yang akan membuat rasa kenyang lebih lama.

3. Pilih yang lebih sehat
United States Substance Abuse and Mental Health Services Administration merekomendasikan untuk memilih air, air berperisa, atau soda diet selama perayaan liburan. Pilihan tersebut lebih baik daripada minuman beralkohol yang tinggi kalori.

4. Bawa makanan sendiri
Membawa makanan sendiri yang lebih sehat untuk dapat dibagikan dengan tuan rumah ataupun teman-teman di perayaan juga dapat dijadikan pilihan. Makanan dapat berupa camilan kecil yang sehat untuk mengimbangi makanan "berat" saat acara.

5. Tidak fokus pada makanan
Perayaan bisa diartikan saat teman-teman dekat atau keluarga berkumpul. Maka fokuslah pada bersosialisasi dengan mereka, daripada mencicip makanan atau minuman. Tetap aktif selama perayaan akan mengurangi keinginan untuk memakan makanan tidak sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber LiveStrong
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com