Menjaga Kebiasaan Makan Sehat di Musim Liburan

Kompas.com - 24/06/2013, 09:42 WIB
shutterstock
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Bagi penganut prinsip makan sehat, liburan bisa jadi sumber godaan besar yang bisa merusak program diet. Makanan pesta atau kuliner khas daerah yang dikunjungi saat pergi berlibur tentu dapat menggugah selera.

Namun liburan bukan alasan untuk berhenti sementara dari kebiasaan makan sehat. Jika kita sudah mempersiapkan diri sebelumnya, maka berkata "tidak" pada godaan makanan akan lebih mudah daripada yang dipikirkan sebelumnya. Berikut kiat untuk mempersiapkan diri menuju perayaan liburan.

1. Batasi diri
Makanan favorit tentu akan sangat menggoda. Solusinya, kita bisa membatasi porsi makanan favorit yang penuh lemak, misalnya tiga gigitan. Cara ini akan memberikan rasa puas terhadap makanan tersebut tanpa mendapatkan keseluruhan kalorinya.  Perlambatlah waktu makan, rasakan kelezatan makanan yang dimakan di setiap gigitannya. Maka rasa puas akan terbentuk dengan sendirinya di otak.

2. Makan terlebih dulu
Makan di rumah sebelum pergi ke perayaan mungkin dapat mengurangi keinginan untuk makan banyak setelahnya. Pilih makanan yang mengandung banyak serat seperti sayur-sayuran yang akan membuat rasa kenyang lebih lama.

3. Pilih yang lebih sehat
United States Substance Abuse and Mental Health Services Administration merekomendasikan untuk memilih air, air berperisa, atau soda diet selama perayaan liburan. Pilihan tersebut lebih baik daripada minuman beralkohol yang tinggi kalori.

4. Bawa makanan sendiri
Membawa makanan sendiri yang lebih sehat untuk dapat dibagikan dengan tuan rumah ataupun teman-teman di perayaan juga dapat dijadikan pilihan. Makanan dapat berupa camilan kecil yang sehat untuk mengimbangi makanan "berat" saat acara.

5. Tidak fokus pada makanan
Perayaan bisa diartikan saat teman-teman dekat atau keluarga berkumpul. Maka fokuslah pada bersosialisasi dengan mereka, daripada mencicip makanan atau minuman. Tetap aktif selama perayaan akan mengurangi keinginan untuk memakan makanan tidak sehat.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber LiveStrong
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X