Kompas.com - 24/06/2013, 11:32 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Menahan nafsu makan atau melewatkan waktu makan malam diyakini banyak perempuan bisa membantu menurunkan berat badan. Mungkin cara ini akan berhasil pada sebagian orang, namun Jean LK, pelatih kebugaran dari London, mengungkapkan bahwa program diet apa pun seharusnya dilakukan secara konsisten dan disiplin.

"Meskipun menahan rasa lapar mampu menurunkan berat badan, namun saya berpikir bahwa ini bukan solusi yang benar. Kunci tepat untuk menurunkan berat badan yang berkelanjutan adalah mengadopsi gaya hidup sehat melalui asupan nutrisi yang baik, dan olahraga secara konsisten," ungkap Jean.

Untuk menjaga bentuk tubuh dan stamina agar tetap kuat, Jean memberikan beberapa tip-nya. Cara diet ini bukanlah cara diet instan, namun dianggap lebih aman dan sustainable.

1. Minum banyak air putih. Kurangi atau hilangkan sama sekali kebiasaan minum soda, termasuk diet soda.
2. Makan tiga kali sehari (makan besar), dan dua kali camilan untuk menjaga pembakaran metabolisme dan tenaga Anda. Namun, yang paling penting adalah, perhatikan porsi makannya. Dengan komposisi makan lima kali Anda tak perlu makan dalam porsi besar.
3. Biasakan makan dengan gizi yang lengkap. Dalam sekali makan, Anda harus menyantap karbohidrat kompleks (ubi, kentang, atau nasi), protein tanpa lemak (ayam atau ikan), dan serat dari sayuran.
4. Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dan vitamin, Anda bisa menikmati smoothies.
5. Sisihkan waktu setiap minggu untuk menyiapkan makanan. Misalnya memanggang ayam lalu menyimpannya dalam wadah untuk makan malam, atau memotong buah dan sayur untuk salad atau jus malam hari. Jadi ketika Anda ingin makan sewaktu-waktu, Anda tak perlu repot menyiapkan dari awal. Cukup panaskan ayam dalam microvawe, atau ambil buah dari kantung dan dijus. Kebanyakan orang beralasan tidak bisa bertahan diet karena malas menyiapkan makanan sehat.
6. Jangan lupa olahraga! Sekalipun cuaca sekarang ini sedang tak menentu, jangan biarkan hal ini menghalangi semangat Anda berolahraga. Ketika cuaca sedang mendukung, tak ada salahnya untuk ikutan jogging pagi atau sekadar senam. Jika enggan olahraga sendirian, daftar saja jadi anggota gym. Lalu ikuti kelas-kelas berkelompok dengan pilihan olahraga yang beragam, seperti aerobik, yoga, bodyjam, atau zumba.
7. Di akhir pekan, atur jadwal Anda untuk berolahraga bersama keluarga atau teman. Anda bisa berolahraga di mana saja Anda mau, misalnya di villa keluarga, atau di taman rekreasi.
8. Jika lebih suka tinggal di rumah, Anda bisa berolahraga dari dalam rumah saja. Misalnya dengan mengikuti gerakan dari DVD kebugaran, internet, atau dengan menggunakan alat fitnes yang dimiliki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.