Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/06/2013, 15:42 WIB
K. WAHYU UTAMI

Penulis

KOMPAS.comSakit kepala selalu membuat diri kita merasa tersiksa. Akibat sakit kepala, bisa-bisa semua pekerjaan dan aktivitas menjadi terganggu. Mau tak mau, badan memaksa kita untuk berbaring dan menutup mata sejenak, meskipun itu sering tidak menghilangkan nyerinya secara tuntas.

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengurangi sakit kepala tanpa harus menelan obat sakit kepala. Nah, berikut tipsnya:

Minum air putih. Sebelum Anda mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri, coba atasi dengan minum air putih. Menurut para peneliti dari University of Masstricht, Belanda, minum air putih tujuh gelas dalam sehari bisa meredakan sakit kepala, dan meningkatkan kualitas hidup mereka yang selama ini menderita akibat migrain. Dalam uji coba, mereka yang minum 1,5 liter air sakit kepalanya berkurang 21 jam, demikian pula dengan intensitas rasa sakitnya.

Perawatan panas dan dingin. Jika Anda menghindari obat sakit kepala, gunakan kompresan panas atau dingin, yang secara alami dapat menjadi salah satu cara untuk mengurangi rasa sakit kepala. Taruh kompresan panas atau dingin di atas kepala (tempat di mana sakit kepala terasa) dan diamkan selama 15 menit. Anda juga dapat mengganti kompresan panas menjadi dingin setiap lima menit sekali selama 20 menit.

Peppermint tea. Peppermint diketahui dapat menjadi obat tradisional yang bisa menyehatkan tubuh. Ketika Anda mengonsumsi peppermint, pencernaan akan ditenangkan, karena pencernaan yang terganggu juga dapat menyebabkan sakit kepala. Teh peppermint hangat dapat membantu mengurangi flu pada hidung yang bisa menjadi penyebab sakit kepala Anda.

Akupunktur. Jika Anda sering mengalami sakit kepala, dan Anda enggan minum penghilang rasa sakit terlalu sering, cobalah beralih pada pengobatan akupunktur. Ini merupakan pengobatan alami yang dapat membantu Anda mengurangi rasa sakit kepala yang menyiksa. Mungkin pengobatan ini harus dilakukan dalam beberapa kali perawatan untuk menghasilkan penyembuhan yang sempurna, tapi ini juga terbukti efektif mengurangi tensi dari sakit kepala.

Minum kopi. Kafein yang ada di dalam kopi akan mengurangi nyeri pada sakit kepala. Bahkan bagi mereka yang terbiasa meminum kopi, jika tidak meminumnya dalam sehari saja akan mendapati dirinya sakit kepala.

Obat penghilang rasa sakit. Beberapa orang mungkin merasa lebih baik menelan obat sakit kepala untuk mengurangi rasa sakit yang mereka derita. Ya, mungkin memang itu bisa menjadi salah satu jalan efektif, tapi setidaknya kurangi pemakaian obat penghilang rasa sakit tersebut. Minumlah obat jika Anda memang benar-benar terdesak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com