Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/06/2013, 19:52 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Punya anak memang merupakan suatu pengalaman yang sangat menakjubkan. Namun, mengasuh si kecil ini bukan pekerjaan yang mudah. Salah mengasuh anak, ia akan tumbuh menjadi pribadi yang tidak baik.

"Mengasuh anak bukan semata-mata mendidiknya menjadi sosok yang pintar dan hebat. Dalam proses pengasuhan, ada tiga hal penting yang harus diperhatikan untuk membantu pertumbuhan anak lebih optimal," jelas pakar pertumbuhan anak Carrie Lupoli, saat workshop "The Joy of Learning" di Jakarta, beberapa waktu lalu.

1. Aturan pertama dalam mengasuh anak adalah Anda harus tahu bahwa dalam kenyataannya otak anak belum berkembang sempurna 100 persen saat lahir. Maka dari itu, setiap orangtua bertanggung jawab dengan kewajiban "mengisi" otak anak dengan beragam pengalaman berharga dan menyenangkan, serta memberinya pelajaran penting dalam hidup, terutama dalam lima tahun pertama kehidupan anak.

2. Ada baiknya untuk mendokumentasikan setiap tahap perkembangan anak, khususnya di lima tahun pertama usia mereka. Hal ini akan membantu dan memudahkan orangtua untuk memahami kemajuan dan perkembangan anak sesuai dengan usianya.

"Dari pendokumentasian ini Anda bisa mengamati perkembangan anak setahap demi setahap.  Ini juga akan membantu Anda untuk mengenali kemungkinan masalah yang terjadi pada masa pertumbuhannya," jelasnya.

3. Terakhir, jangan larang anak untuk bermain. Kegiatan interaktif seperti bermain bersama bisa membantu anak untuk belajar, bersosialisasi, dan mengasah inisiatif mereka. Bermain juga akan membantu mereka mengasah kemampuan penting sebagai dasar untuk menjalankan kehidupan mereka di kemudian hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com