Kompas.com - 26/06/2013, 19:12 WIB
Vindy Lee, berbekal ilmu politik, berkarier di dunia kuliner. KOMPAS/TOTOK WIJAYANTOVindy Lee, berbekal ilmu politik, berkarier di dunia kuliner.
EditorFelicitas Harmandini
KOMPAS.com - Vindy Lee melenggang masuk ke dalam restoran khas Italia, Mama Rosy, di bilangan Kemang, Selasa malam lalu. Di sanalah kami bertemu. Rambut panjangnya tergerai lurus melewati bahu. Pulasan riasan ”mata kucing” mempertajam sorot matanya. Belum lagi pulasan gincu merah menyala dan balutan gaun pendek seperti mengukir jam pasir pada tubuhnya. Vindy tak canggung dengan aura sensual pada dirinya.

Malam itu, tak ada meja masak, kompor, atau peralatan dapur seperti saat dia memasak di televisi. Tayangan-tayangan itu mengenalkan Vindy Lee kepada publik. Sebagai gantinya, Vindy berhadapan dengan lensa kamera dan kilatan cahaya lampu kilat yang berupaya mengabadikan gambarnya di tengah redupnya cahaya.

Tak terlihat jejak seorang juru masak pada dirinya. Televisi telah memutarbalikkan imaji dunia masak-memasak menjadi hal seksi ketika sosok seperti Vindy hadir di layar kaca.

”Saya tidak keberatan dibilang seksi,” ujar perempuan kelahiran Jakarta yang separuh berdarah Taiwan itu.

Saat Vindy menciptakan buku Sexy Food, dia seperti menggabungkan kekuatan sensualitas dan makanan. ”Makanan berdampak kepada tubuh manusia langsung ataupun tidak, termasuk dalam seksualitas. Buku pertama saya konsepnya memang tentang itu,” ujar Vindy.

Makanan itu mengaktifkan keseluruhan indera dengan keindahan penampilan, aroma, rasa, dan sensasi ketika makanan meleleh di lidah, atau bahkan saat hidangan panas mendesis di atas piring. ”Seluruh indera kita seperti tercerahkan oleh sajian itu dan kita menjadi terbuka bagi sebuah petualangan baru,” ujar Vindy.

Ada 30 resep dalam buku masakan itu yang semuanya kreasi Vindy. Dalam keliaran berpikirnya, muncul hidangan berjudul Porn Star Salad yang berupa adukan buah belimbing, kismis, jeruk, sejenis markisa, dan kacang dengan siraman saus salad.

Nama resep yang ”mengundang” itu tak lebih dari singkatan bahan-bahan masakan. ”Ya, bahannya pomegranate (P), orange (O), raisin (R), nuts (N), dan star fruit (Star) ha-ha-ha. Itu agar orang mudah mengingatnya dan lezat, lho. First, be delicious. Second, be playful,” ujarnya.

Apa resep-resep itu juga berfungsi sebagai aphrodisiac? ”Itu juga, sih, 30 menit kemudian ha-ha-ha,” ujarnya bergurau.

Ada bahan makanan yang mengandung zat tertentu sehingga berefek membangkitkan semangat. Dia lalu mencontohkan hewan-hewan laut bercangkang, cokelat, biji pala, kacang almond, dan bahan yang banyak dipakai di Tanah Air: cabai.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X