Kompas.com - 29/06/2013, 16:35 WIB
Below Cepek menawarkan produk fashion, khususnya pakaian wanita, dengan kisaran harga di bawah Rp 100.000. BELOWCEPEK.COMBelow Cepek menawarkan produk fashion, khususnya pakaian wanita, dengan kisaran harga di bawah Rp 100.000.
|
EditorFelicitas Harmandini
KOMPAS.com - Menjalankan bisnis hanya dengan empat sumber daya manusia memang tidak mudah. Tetapi tim kecil pun, asalkan semua bekerja secara efisien, pasti mampu menghasilkan omset yang besar. Itulah yang berhasil dilakukan oleh tim Belowcepek.com, fashion store online yang mengkhususkan diri menjual pakaian wanita dengan harga di bawah Rp 100.000.

Banyak orang pasti mengerutkan dahi ketika mendengar ada toko yang menjual pakaian dengan harga di bawah Rp 100.000. "Memangnya masih ada produk fashion yang berkualitas bagus namun dengan harga di bawah Rp 100.000?"

Tetapi, persis itulah yang ditawarkan oleh Belowcepek.com. Tim toko online ini ingin memenuhi kebutuhan kaum perempuan akan produk fashion dengan harga yang terjangkau, namun dengan kualitas yang baik.

"Saya menjalani usaha saya ini hanya bersama empat karyawan saya. Usaha ini didasari oleh adanya pasar yang membutuhkan kualitas produk bagus dengan harga bersahabat," ungkap Riana Bismarak, pemilik Belowcepek.com, kepada KompasFemale, saat bertemu di Ballroom Shangri-La Hotel, Jakarta, Kamis (27/6/2013) lalu.

Riana mengatakan, seluruh barang yang dia jual di toko online-nya adalah buatan Indonesia. Meski banyak orang yang meragukan kualitasnya, tapi ia meyakinkan bahwa kualitas produk lokal tidak kalah bagus dari buatan luar negeri. Terbukti, ia baru saja menjadi pemenang III lomba Wanita Wirausaha Mandiri - Femina 2013 untuk usahanya tersebut.

"UKM masyarakat kita itu banyak yang bagus-bagus lho, dan saya sangat mencintai kekayaan budaya di Indonesia. Itu sebabnya, kualitas barang Indonesia tidak kalah bagus dengan negara lain. Lihat saja, banyak brand mahal tapi produksinya 'made in Indonesia'," jelas perempuan yang mengawali usahanya karena kecintaannya terhadap Indonesia ini.

Dengan kosistensi dan komitmen yang diusungnya, Belowcepek.com kini berhasil menjaring sekitar 100.000 pengunjung situs dan anggota jejaring sosialnya . Usaha yang baru didirikannya pada November 2011 lalu ini berhasil membawanya hingga pada tahapan ini, dan mampu menginspirasi banyak wanita Indonesia lainnya untuk tampil gaya dengan budget tidak terlalu besar.

Riana juga menekankan, ia bersama timnya tetap konsisten dan fokus saat ini untuk menjual pakaian keperluan wanita. Kepercayaan dirinya membawanya pada harapan terhadap bidang usaha yang digelutinya.

"Masih banyak masyarakat Indonesia yang ingin membeli pakaian bagus tapi tidak mampu membelinya karena harga yang tinggi. Karenanya, kami yakin karena masih ada peluang dalam pasar tersebut. Tidak semua orang bisa mampu membeli pakaian mahal, kan?" tuturnya.

Pertanyaan yang selalu mengusik rasa ingin tahu orang mengenai toko yang dikhususkan untuk perempuan berusia 18 - 45 tahun ini adalah, dari mana Belowcepek.com mendapatkan barang dengan harga murah dari produsennya?

Riana ternyata bersedia membocorkan sedikit rahasia bisnisnya. Menurutnya ia biasa mendapatkan produk dari para UKM, membeli putus dari pedagang, atau ia modali dengan biaya sendiri. Ketelitian dan kepekaan "mengendus" produk yang bagus dan berkualitas adalah modal utama Riana, dan inilah yang belum banyak dimiliki orang lain.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X