Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/07/2013, 16:03 WIB
K. WAHYU UTAMI

Penulis

Sumber Oprah

KOMPAS.com – Sekarang ini, aktivitas kita sehari-hari selalu menuntut kita menatap layar komputer atau laptop selama berjam-jam. Akibatnya, mata menjadi kering dan Anda harus menggunakan kacamata. Untuk mengurangi kelelahan pada mata akibat terlalu lama menatap layar komputer, sekaligus mencegah kerusakan pada mata, ini langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

Gunakan aturan 20-20-20
Mata kita lebih jarang berkedip saat melihat layar komputer. Hal ini dapat mengeringkan mata, dan menyebabkan iritasi. Mark Rosenfield, PhD, profesor pendidikan klinis di State University of New York College of Optometry, menyarankan untuk membantu mempertahankan tingkat kelembaban dan mengurangi kelelahan mata dengan memandang sesuatu sejauh setidaknya 6 meter selama minimal 20 detik setiap 20 menit.

Cari font yang sesuai
Times New Roman mungkin font yang menjadi default pada program Anda. Pada layar monitor, desain melengkung dengan ekor kecil di ujung huruf, yang disebut serif, dapat memperlambat pengenalan kata dan memaksa Anda untuk menatap lebih keras dan lebih lama pada layar komputer. Lagi-lagi, ini memicu kelelahan pada mata.

James Sheedy, PhD, direktur Vision Performance Institute di Pacific University College of Optometry, mengatakan font seperti Arial dan Verdana, yang memiliki lebih banyak ruang antara huruf, bisa membuat kata-kata muncul tajam dan mudah dibaca dari jauh. Dengan demikian, pemilihan font ini baik untuk mengurangi kelelahan pada mata.

Bersihkan layar komputer
Kapan saja kita melihat gambar dari dekat, mata kita harus lebih fokus. Ketika layar komputer dihinggapi dengan noda sidik jari, debu, dan kotoran, mata kita dibuat menjadi lebih sulit untuk fokus. Dari waktu ke waktu, hal ini mengakibatkan ketegangan pada mata dan menyebabkan sakit kepala kronis.

Oleh karena itu, Peter Shaw-McMinn, asisten profesor studi klinis di California Selatan College of Optometry menyarankan, lap layar komputer Anda setiap hari dengan kain microfiber untuk menyingkirkan kotoran. Maka, pandangan jelas juga membantu mengistirahatkan mata dari fokus yang terlalu dipaksa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Oprah

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com