3 Langkah Jaga Kesehatan Mata

Kompas.com - 02/07/2013, 16:03 WIB
shutterstock
|
EditorFelicitas Harmandini

KOMPAS.com – Sekarang ini, aktivitas kita sehari-hari selalu menuntut kita menatap layar komputer atau laptop selama berjam-jam. Akibatnya, mata menjadi kering dan Anda harus menggunakan kacamata. Untuk mengurangi kelelahan pada mata akibat terlalu lama menatap layar komputer, sekaligus mencegah kerusakan pada mata, ini langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

Gunakan aturan 20-20-20
Mata kita lebih jarang berkedip saat melihat layar komputer. Hal ini dapat mengeringkan mata, dan menyebabkan iritasi. Mark Rosenfield, PhD, profesor pendidikan klinis di State University of New York College of Optometry, menyarankan untuk membantu mempertahankan tingkat kelembaban dan mengurangi kelelahan mata dengan memandang sesuatu sejauh setidaknya 6 meter selama minimal 20 detik setiap 20 menit.

Cari font yang sesuai
Times New Roman mungkin font yang menjadi default pada program Anda. Pada layar monitor, desain melengkung dengan ekor kecil di ujung huruf, yang disebut serif, dapat memperlambat pengenalan kata dan memaksa Anda untuk menatap lebih keras dan lebih lama pada layar komputer. Lagi-lagi, ini memicu kelelahan pada mata.

James Sheedy, PhD, direktur Vision Performance Institute di Pacific University College of Optometry, mengatakan font seperti Arial dan Verdana, yang memiliki lebih banyak ruang antara huruf, bisa membuat kata-kata muncul tajam dan mudah dibaca dari jauh. Dengan demikian, pemilihan font ini baik untuk mengurangi kelelahan pada mata.

Bersihkan layar komputer
Kapan saja kita melihat gambar dari dekat, mata kita harus lebih fokus. Ketika layar komputer dihinggapi dengan noda sidik jari, debu, dan kotoran, mata kita dibuat menjadi lebih sulit untuk fokus. Dari waktu ke waktu, hal ini mengakibatkan ketegangan pada mata dan menyebabkan sakit kepala kronis.

Oleh karena itu, Peter Shaw-McMinn, asisten profesor studi klinis di California Selatan College of Optometry menyarankan, lap layar komputer Anda setiap hari dengan kain microfiber untuk menyingkirkan kotoran. Maka, pandangan jelas juga membantu mengistirahatkan mata dari fokus yang terlalu dipaksa.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Oprah

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X