Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/07/2013, 08:24 WIB
K. WAHYU UTAMI

Penulis

KOMPAS.com – Begitu banyak produk perawatan rambut yang menawarkan banyak manfaat, namun produk apa saja sih yang wajib kita gunakan?

Menurut Hendra Purjaka, Sr. Education & Sales Manager of Kerastase, berapa banyak produk perawatan rambut yang diperlukan sebenarnya tergantung pada kebutuhan dan masalah rambut masing-masing orang. Karena, tiap orang memiliki kebutuhannya sendiri-sendiri.

Akan tetapi, perawatan dasar yang penting untuk dilakukan semua orang dalam merawat rambut terdiri atas empat langkah, yaitu:

  1. Penggunaan sampo yang sesuai dengan tipe rambut Anda (misalnya, conditioner sesuai jenis rambut setiap orang).
  2. Treat (perawatan). Bila memang membutuhkan, Anda dapat menggunakan masker rambut, atau vitamin rambut.
  3. Regenerate (diperbaharui). Dalam hal ini Anda bisa menggunakan hair tonic dan serum untuk kulit kepala Anda agar merangsang pertumbuhan rambut dengan optimal dan sehat.
  4. Texturing (penataan). Ini langkah terakhir, setelah Anda selesai dengan perawatan rambut maka langkah selanjutnya menata rambut agar tampil cantik dan indah.

“Inginnya langkah ini dapat dijadikan suatu kebiasaan, walau kebutuhan dan masalah rambut tiap orang berbeda-beda,” jelas Hendra, saat ditemui di Potato Head Garage, Jakarta, Selasa (2/7/2013) lalu.

Menurutnya, perawatan rambut ada bermacam-macam. Ada yang untuk kecantikan, ada pula untuk kesehatan rambut. Maka pendekatan perawatan rambut yang digunakan pun berbeda-beda.

Proses yang terpenting dari perawatan rambut itu ada pada langkah regenerate. Pada tahap ini, produk perawatan rambut seperti serum dan hair tonic dapat mendorong nutrisi masuk ke dalam sampai akar rambut sehingga mampu melindungi rambut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com