9 Tipe Rekan Kerja yang Bikin Kantor Lebih "Meriah"

Kompas.com - 05/07/2013, 07:28 WIB
Rasa bosan di kantor jangan dibiarkan. Tanyakan pada rekan-rekan kerja Anda, apakah Anda bisa membantu mereka. SHUTTERSTOCKRasa bosan di kantor jangan dibiarkan. Tanyakan pada rekan-rekan kerja Anda, apakah Anda bisa membantu mereka.
|
EditorFelicitas Harmandini

KOMPAS.com - Kita menghabiskan sebagian besar waktu dan kehidupan kita di tempat kerja. Oleh karena itu, kita butuh lingkungan kerja yang nyaman agar kita lebih bersemangat untuk bekerja. Lingkungan kerja yang menyenangkan antara lain dipengaruhi oleh rekan kerja yang asik dan memiliki latar belakang yang beragam. Dengan kehadiran mereka, kantor pasti akan terasa lebih hidup, dan Anda lebih bersemangat bekerja.

Altruistik: Orang ini tak keberatan meninggalkan kebiasaannya hanya untuk membuat orang lain bahagia. Kadang-kadang ia rela menempatkan dirinya dalam kesulitan. Hanya saja, seringkali ada orang yang mengambil keuntungan dari orang-orang altruis demi kepentingan mereka.

Si Carmuk: Orang seperti ini selalu ingin terlihat bagus di depan atasan. Dia bersedia untuk melakukan apa pun asal bisa membuat bos senang. Dia akan memata-matai rekan kerja, berbicara manis di depan Anda hanya untuk memancing informasi yang nantinya akan disampaikan ke bos. Orang seperti ini akan selalu berusaha berpihak pada atasannya, dan keberlangsungan hidupnya di tempat kerja hanya bertahan ketika bos bersamanya.

Bisa diandalkan: Tipe orang seperti ini adalah yang terbaik dari yang lain. Anda dapat mengandalkannya untuk bekerja overtime, meski di hari libur, asalkan Anda memberikan dukungan penuh dan menghargainya. Anda juga bisa curhat mengenai rahasia Anda dan ia akan memastikan hal itu tersimpan dengan baik.

“Gudang makanan”: Tipe orang seperti ini selalu ada di tempat kerja. Karena di setiap waktu, ia akan selalu mengunyah makanan. Mejanya penuh dengan makanan, dari keripik, mi instan dalam cup, biskuit, hingga cokelat. Bahkan, ia tidak segan-segan untuk memesan makanan dari luar. Jaga hubungan baik Anda dengan tipe orang seperti ini, karena ia bisa menjadi penyelamat Anda saat Anda lapar.

Enggan bersosialisasi: Orang-orang seperti ini hanya memikirkan dirinya sendiri dan tidak peduli dengan apa yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Yang mereka inginkan hanyalah, pekerjaan mereka beres, dan gaji tiap bulan yang diterima sesuai. Mereka kurang memiliki empati, jadi jangan pernah mengharapkan orang seperti ini ada di sisi Anda ketika Anda mengalami krisis.

Bermuka dua: Orang seperti ini sangat sosial dan mengenal banyak orang. Namun niatnya tidak tulus. Anda tidak pernah tahu atau menduga bahwa setelah bermanis-manis pada Anda, dia langsung berbalik mengecewakan Anda. Misalnya, jika bos tidak senang dengan pekerjaan Anda, dia akan mudah menyalahkan Anda untuk melindungi dirinya sendiri.

Penggosip: Orang seperti ini tidak pernah berhenti untuk terus menggosip dan membicarakan orang lain. Dia tertarik mengenai kehidupan pribadi orang lain, masalah dan segala sesuatu tentang orang lain. Lalu ia akan menyebarkan apa yang diketahuinya itu, supaya menerima perhatian dari orang lain. Jadi, jika ada rumor mengenai Anda, maka sudah diketahui siapa penyebarnya.

Perayu: Tipe orang seperti ini tidak harus Anda jauhi. Karena orang-orang ini akan melengkapi hidup Anda dengan banyak rayuan yang mereka miliki. Bahkan dia akan mampu membuat Anda merasa seperti orang yang paling cantik di dunia ini. Banyak yang merasa, dekat dengan orang-orang seperti ini bisa meningkatkan kepercayaan diri.

Humoris: Orang ini memiliki rasa humor dan sangat cerdas. Dia membuat kehidupan kerja yang membosankan menjadi jauh lebih menyenangkan, dan bisa ditoleransi. Anda benar-benar nyaman dan santai ketika orang seperti ini berada di samping Anda. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X