Kompas.com - 08/07/2013, 17:19 WIB
Buat ajang award yang unik di rumah. SHUTTERSTOCKBuat ajang award yang unik di rumah.
|
EditorWawa
KOMPAS.com - Keluarga Anda perlu memiliki satu tradisi baru. Yakni menciptakan ajang penghargaan beserta seremonialnya, sebagai bentuk apresiasi atas prestasi anak atau sekadar sebagai cara mengungkapkan rasa bangga orangtua atas pencapaian anak ke kecil apa pun.

Ajang penghargaan ini bukan semata diberikan saat anak meraih nilai terbaik di sekolah, atau menjuarai lomba tertentu. Seremonial award ini sebaiknya menjadi tradisi keluarga saat anak berhasil melewati tahap sulit dalam hal apa pun.

Misalnya, anak memiliki kesulitan berbicara di depan umum. Ketika anak menceritakan ia berhasil melewati kesulitannya dengan berhasil melakukan presentasi tugasnya dengan lancar di depan kelas misalnya, ini juga perlu mendapatkan apresiasi berupa seremonial penghargaan.

Seremonial ini bentuknya bisa beragam. Adalah tugas orangtua untuk menciptakan hal kreatif dalam menciptakan tradisi ini di rumah. Misinya, anak perlu mendapatkan apresiasi atas setiap usaha yang dibuatnya.

"Perkembangan anak secara sosial dan emosional sama pentingnya dengan perkembangan secara akademis," tutur Byron V Garrett, Ketua Aliansi Nasional Keluarga.

Menurut Garrett, penting bagi orangtua untuk memberikan apresiasi, dan menunjukkannya dengan cara se-kreatif mungkin, atas sekecil apa pun pencapaian anak. Jadi, meski pun anak sudah mendapatkan penghargaan dari sekolah atas prestasinya, tak ada ruginya merayakan prestasi ini di rumah dengan cara unik. Apalagi jika penghargaan tidak didapatnya dari sekolah, maka keluarga lah yang perlu menciptakan seremonial berupa ajang award yang kreatif dan khas.

"Setiap anak itu unik. Tunjukkan rasa bangga Anda atas setiap kemenangan kecil mereka," tutupnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 



Sumber Parenting
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X