Asupan untuk Kulit Lebih Muda

Kompas.com - 11/07/2013, 10:33 WIB
shutterstock
|
EditorWawa
KOMPAS.com– Siapa sih yang tak ingin terlihat muda? Umumnya kaum perempuan selalu mencari cara agar bisa tampil lebih muda dari usianya. Bahkan, segala macam operasi hingga perawatan rela mereka lakukan. Tapi tahukah Anda, kunci untuk mendapatkan kulit lebih muda terletak pada makanan di sekeliling Anda.

Selama ini, tidak banyak orang yang menyadari bahwa makanan yang tiap hari mereka lihat atau konsumsi ternyata dapat membuat kulit lebih muda. Berikut di antaranya:

* Ubi jalar
Beta-karoten, yang membuat umbi berwarna oranye, menyeimbangkan pH kulit Anda, membantu mengatasi kulit kering, dan membantu pergantian sel, sehingga menjadikan kulit lebih halus.

 * Salmon
Pigmen yang terkandung pada ikan salmon berwarna merah muda ini adalah astaxanthin. Pigmen ini merupakan musuh kuat radikal bebas, molekul jahat yang merusak membran sel dan DNA yang menyebabkan kulit termakan usia. Sebuah studi menemukan bahwa makan satu porsi ikan salmon lima hari seminggu dapat mencegah kulit kering kasar dan bersisik, yang bisa menjadi pemicu prakanker.

 * Tomat
Pigmen pada buah merah ini adalah lycopene, yang merupakan antioksidan kuat untuk melindungi kulit dari kerusakan matahari, seperti tabir surya, baik dari dalam dan  luar. Untuk dapat menyerap lycopene yang baik, makan tomat dengan minyak zaitun.

* Citrus
Vitamin C sangat penting untuk membangun kolagen, komponen penting dari kulit yang tampak muda. Citrus juga mengandung bioflavonoid yang melindungi kulit dari sinar UV dan membantu mencegah kematian sel.

* Daun-daun hijau
Bayam, kangkung, dan sayuran hijau lainnya mengandung lutein, yang melindungi kulit dari sinar matahari yang disebabkan oleh peradangan dan keriput.

* Jauhi makanan yang berwarna putih
Butuh alasan lain untuk menghindari roti, pasta, nasi, dan produk gandum olahan lainnya? Mereka cepat dipecah menjadi makanan utama yang mengandung banyak gula. Dalam aliran darah, bercampurnya gula dengan protein menciptakan produk akhir yang menyebabkan kolagen menjadi meradang dan kaku, dan menyebabkan kulit keriput.

* Anggur merah
Menurut dokter kulit Leslie Baumann, minuman anggur merah ramah terhadap kulit, karena ekstrak buah  anggur dan resveratrol, mempunyai dua antioksidan kuat. Sesekali minum anggur tidak apa-apa karena dapat memberikan manfaat antioksidan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber FOX NEWS
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X