Agar Kentang Rebus Lebih Nikmat

Kompas.com - 13/07/2013, 08:41 WIB
Kentang bisa digunakan menjadi sumber karbohidrat alternatif. shutterstockKentang bisa digunakan menjadi sumber karbohidrat alternatif.
|
EditorWawa
KOMPAS.com — Nasi adalah sumber karbohidrat utama bagi masyarakat Indonesia. Namun, untuk beberapa orang yang ingin diet atau bosan menyantap nasi, kentang bisa menjadi salah satu sumber karbohidrat alternatif.

"Kentang sebagai alternatif karbohidrat bisa diolah dengan banyak cara. Namun, cara yang paling sehat untuk menyantap kentang adalah dengan cara direbus," jelas Chef Degan Septoadji beberapa waktu lalu di Jakarta.

Namun, untuk memberi rasa pada kentang, ada baiknya untuk merebus kentang dengan tambahan garam di dalamnya.  Garam ini akan memberi rasa gurih pada kentang sehingga bisa menambah nafsu makan.

Chef Degan memberi beberapa trik saat merebus kentang ini. Cuci bersih kentang dan hilangkan tanah-tanah dari kulitnya, kemudian rebus kentang dengan tambahan garam secukupnya. Rebus sampai matang, kemudian kupas kulitnya ketika kentang masih panas. Pengupasan kulit saat kentang masih panas ini bertujuan untuk mengupas kulitnya setipis mungkin.

Perlu diketahui bahwa kandungan vitamin kentang yang paling tinggi berada di bawah kulit ari kentang sehingga ketika kentang dikupas terlalu tebal, vitaminnya juga akan berkurang banyak.

"Kalau suka, kulit kentang rebus ini tidak perlu dikupas karena sudah bersih. Tapi, kalau tidak suka, ada kulitnya, kupaslah kulit saat kentang masih panas," sarannya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X