6 Makanan Pengganti Cairan Tubuh yang Hilang

Kompas.com - 16/07/2013, 11:16 WIB
Oatmeal and Strawberry Smoothies SHUTTERSTOCKOatmeal and Strawberry Smoothies
|
EditorWawa
KOMPAS.com — Pilihan makanan yang tepat dapat membantu Anda mengembalikan cairan yang hilang selama berpuasa lebih dari 12 jam. Buah-buahan menjadi sumber cairan yang paling disarankan untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa. Namun, jenis buah apa yang memiliki fungsi hidrasi paling baik? Lantas, selain buah, makanan apa lagi yang sebaiknya dikonsumsi untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang?

* Apel
Apel mampu mengandung banyak air yang dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Livestrong melaporkan, apel berukuran sedang mengandung 110 mililiter cairan.

* Semangka
Buah yang satu ini memang menjadi santapan tepat untuk melepas dahaga karena banyaknya kandungan air di dalamnya. Buah yang menyegarkan ini memiliki komposisi air sebesar 92 persen. Selain mengandung nutrisi seperti beta-karoten, dalam semangka terdapat juga lycopene dan sumber vitamin C.

* Mentimun
Pilihan lainnya adalah mentimun. Buah ini merupakan sumber cairan yang dibutuhkan tubuh. Sumber air terbanyak dari mentimun terdapat pada bagian dagingnya. Selain kaya akan air, daging mentimun ini juga mengandung vitamin C dan memiliki zat yang dapat membuat kulit lebih rileks.

* Blewah
Buah yang satu ini banyak dan mudah ditemui saat bulan puasa. Bukan karena musim panennya bertepatan dengan bulan puasa, melainkan memang buah ini mengandung banyak air yang tepat dikonsumsi saat berbuka puasa. Menurut laporan Runner World, blewah mengandung banyak air dan potasium, yang mudah hilang saat tubuh mengeluarkan keringat. Jadi, saat udara panas atau Anda banyak beraktivitas sehingga tubuh berkeringat, ditambah lagi Anda berpuasa, blewah menjadi "obatnya".

* Daging
Selain buah, makanan berupa daging ternyata juga menyumbangkan air ke dalam tubuh. CNN melampirkan, daging memiliki fungsi hidrasi untuk tubuh. Misalnya saja, steak 100 gram menyumbangkan 50 mililter air ke dalam tubuh.

* Oatmeal
Satu lagi makanan yang mengandung banyak air adalah oatmeal. Livestrong menyebutkan, semangkuk oatmeal mengandung lebih banyak air ketimbang mentimun atau jeruk.

Jadi, tak perlu bingung memilih buah atau makanan saat sahur dan berbuka. Sediakan saja enam makanan ini di rumah.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X