Kompas.com - 16/07/2013, 19:52 WIB
KOMPAS.com - Saat sedang punya masalah, marah atau kesal pada seseorang, makan biasanya jadi pelarian yang paling populer. Hal ini bisa mengakibatkan timbunan lemak di dalam tubuh dan juga mengganggu kesehatan Anda. Adakah cara untuk menghentikan kebiasaan lapar mata dan makan berlebihan saat Anda sedang punya masalah?

"Nafsu makan sebenarnya bisa dikendalikan dari pikiran. Ini bisa dicapai dengan meditasi. Caranya adalah dengan membawa pikiran pada perasaan Anda sebelum punya keinginan makan, dan saat sudah merasa kenyang," ungkap Madonna Gauding, penulis buku The Meditation Bible.

Meditasi akan membantu Anda mengatasi kecanduan makanan dan juga mengurangi emosi negatif dalam diri. Meditasi dapat membantu menyeimbangkan hubungan Anda dengan makanan. Selain membebaskan keinginan untuk makan, meditasi juga akan membantu Anda menenangkan pikiran dan menyelesaikan masalah. Cobalah untuk melakukan meditasi ini setiap minggu agar hasilnya lebih nyata.

Bagaimana cara memulainya? Awalnya, tulis semua hal yang menyenangkan untuk Anda. Kemudian duduklah di atas bantal atau di kursi tegak. Pastikan tempat yang dipilih ini adalah tempat yang tenang. Nyalakan lilin atau dupa jika Anda suka.

Tenangkan diri Anda, kemudian bawa pikiran Anda sampai kondisi terakhir kali sebelum Anda makan berlebihan. Mungkin ada perasaan sedih, kesepian, marah, atau takut yang Anda alami. Mungkin Anda ingin melupakan hal itu, namun biarkan diri Anda untuk merasakan hal ini lagi.

Masuklah lebih dalam dan tanyalah pada diri sendiri apa yang menyebabkan Anda jadi emosi. Misalnya perasaan takut karena tidak memiliki pasangan, atau perasaan marah karena bertengkar dengan pasangan, atau bisa jadi karena rasa sakit yang dialami di masa kecil.

Setelah berhasil mengorek semua masalah Anda, sekarang bayangkan cara lain yang bisa membantu diri Anda sembuh dari luka ini selain dengan cara makan. Mungkin Anda bisa mengakui perasaan ini, mencurahkannya melalui diary, mandi air panas, atau curhat kepada sahabat.

Langkah terakhir, pikirkan untuk menyelesaikan masalah Anda dengan orang tersebut. Pikirkan bagaimana jika Anda dan orang tersebut bertemu langsung. Tenangkan diri Anda, dan cobalah untuk berpikir jernih. Setelah mendapatkan jalan keluar ini, bernafaslah dalam-dalam selama beberapa menit, dan kendalikan perasaan Anda. Akhiri meditasi ketika Anda siap.

Dengan melakukan meditasi ini, Anda bisa menghindarkan pikiran dari kemarahan, menjernihkan pikiran, dan yang pasti menghindari makan berlebihan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.