Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/07/2013, 22:32 WIB
Rahman Indra

Penulis

Sumber Shine

KOMPAS.com - Seringkali mood tiba-tiba menjadi jelek, entah itu karena pekerjaan, rutinitas, atau hubungan percintaan yang membosankan. Namun mengubah mood menjadi baik sebenarnya tidaklah terlalu sulit asalkan tahu bagaimana cara menghadapinya. Dengan sekejap dan menyenangkan, mood bisa kembali bagus. Berikut 16 di antaranya.

1. Berjalan kaki di bawah sinar matahari. Bukan berpanas-panasan, tetapi berjalan dengan menikmati alam, bisa di taman dan di bawah terpaan sinar matahari yang tidak begitu menyengat. Sederhananya, cobalah menikmati momen matahari terbit dengan warna langitnya yang bercahaya, lalu hiruplah udara dalam-dalam.

2. Berbagi. Membantu orang lain di sekitar, entah itu dengan cara yang sederhana ataupun bergabung dengan aksi sosial komunitas. Seperti Dalai Lama bilang, rasa bahagia akan muncul ketika kita memikirkan orang lain. Sekali-kali cobalah cek daftar kontak di ponsel Anda, dan pikirkan untuk melakukan sesuatu yang positif untuk mereka.

3. Secangkir cokelat hangat. Tidak ada yang lebih menyenangkan bila bisa menikmati secangkir cokelat hangat. Cairan panas yang terasa mengalir di dalam tubuh ketika Anda menyeruputnya pertama kali, rasanya tiada bandingannya.

4. Manjakan diri sendiri. Tidak ada salahnya memanjakan diri sendiri. Lakukan apa yang Anda sukai, entah itu berbelanja, menikmati yoghurt, frappucino, camomile tea, atau apa saja yang membuat Anda merasa nyaman. Percayalah, ada salah satu dari faktor memanjakan diri ini yang akan membuat mood menjadi bagus.

5. Kelas zumba. Nah, sekali-kali cobalah ambil kelas zumba. Selain manfaatnya untuk olah tubuh, gerakan dalam kelas dengan iringan musik yang berdentum akan membuat perasaan jadi lebih baik. Bertemu dengan teman-teman dalam kelas berkelompok yang juga terlihat menikmati gerakannya juga akan membuat semangat Anda kembali muncul.

6. Pakai boots. Jika Anda punya boots, cobalah pakai dan berjalan keluar. Jika belum, sepertinya ini wajib Anda miliki. Perasaan memakai boots yang memeluk kaki hingga ke lutut biasanya akan memberi sensasi berbeda dibanding saat mengenakan sepatu lainnya.

7. Menarilah. Menari sendirian? Ya, di saat seperti ini, silakan berekspresi sesukanya dengan musik yang Anda sukai. Lepaskan apa yang Anda inginkan dengan bergerak semaunya. Ini selalu jadi momen yang menyenangkan.

8. Peluk piaraan Anda. Jika punya piaraan seperti anjing, cobalah peluk barang sekejap. Tidak ada yang lebih menenangkan saat merasakan bulu-bulunya menyentuh kulit Anda, atau saat ia meletakkan tangan-tangan mungilnya di pundak Anda.

9. Hapus akun facebook. Bisa jadi ini agak radikal, tapi ada perasaan lain ketika Anda berani memutuskan untuk menghapus akun facebook. Seperti yang pernah dilakukan oleh seorang perempuan bernama Amber Materna. Kata dia, menghapus akun facebook beberapa tahun lalu merupakan salah satu keputusan terbaik. Karena bagi dia, facebook seringkali mengalihkan perhatiannya dari orang yang benar-benar ia sayangi dan peduli.

10. Hadapi rasa takut. Saat mencoba permainan di dunia fantasi seperti Historia atau Kora-kora, Anda menghadapi rasa takut sekaligus bahagia setelahnya. Nah, ketika ada ketakutan menghampiri Anda, hadapilah. Buang pikiran negatif bahwa Anda tidak mampu, karena sebenarnya Anda bisa menuntaskannya.

11. Meditasi. Ketika semua di luar riuh dan serba cepat, cobalah bermeditasi. Ambil lokasi yang menenangkan, sendirian, entah itu di ruang kamar, atau taman. Lima menit meditasi minimal akan menenangkan.

12. Bersih-bersih. Aksi bersih-bersih rumah, dari mulai kaca, tempat tidur, kamar, dan ruang lainnya, akan memberi kenikmatan tersendiri. Apalagi ketika melihat hasilnya.

13. Curhat. Berbagi cerita dengan teman akan melepaskan rasa penat dan beban berat di pundak. Cobalah kontak atau ajak hang out teman-teman Anda.

14. Nikmati alam. Pernah mencoba memperhatikan alam di sekitar, seperti pohon, warna langit, atau kucing-kucing yang berlarian? Jika Anda ke taman lalu melihat kupu-kupu, cobalah amati barang sebentar. Menikmati alam, entah itu hewan atau pun bunga, akan membuat mood Anda positif.

15. Menari bebas di klub. Ambil waktu untuk ke klub atau bar yang ada dance floor-nya, dan menarilah. Ajak pasangan atau ramai-ramai dengan teman. Bebaskan rasa penat dan frustrasi. Biasanya ada energi positif yang diperoleh setelah itu.

16. Tulislah sebuah cerita. Menulis bisa mengubah mood dan membuang jauh beban yang Anda rasakan. Tuangkan dalam sebuah cerita, mengalirlah, lepaskan hingga imajinasi terliar. Seperti ungkapan populer; ketika bosan berimajinasilah. Karena ketika menulis sebuah cerita akan membuat Anda merasa lepas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Shine
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com