Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/07/2013, 13:58 WIB
K. WAHYU UTAMI

Penulis

KOMPAS.com – Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan sangat penting guna meningkatkan kekebalan dan metabolisme tubuh. Tapi, masih saja banyak orang yang tidak gemar memakan sayuran. Mungkin Anda salah satunya. Padahal, makan sayur dan buah-buahan sebanyak tiga sampai lima porsi sehari dapat memperpanjang usia Anda. Jika tidak, umur Anda akan berkurang tiga tahun, demikian menurut sebuah penelitian.

Para ahli menganalisis diet pada lebih dari 71.706 responden selama periode penelitian 13 tahun. Selama 13 tahun itu, 11.439 orang meninggal dunia. Dibandingkan responden yang mengaku mengonsumsi lima porsi buah dan sayuran setiap hari, mereka yang konsumsi buah dan sayurannya lebih rendah ternyata usianya lebih pendek dan tingkat kematian yang lebih tinggi.

“Mereka yang tidak pernah mengonsumsi buah dan sayuran hidupnya berkurang tiga tahun, dan memiliki tingkat kematian 53 persen lebih tinggi daripada mereka yang mengonsumsi lima porsi buah dan sayuran per hari," demikian intisari dari studi yang dilakukan para peneliti dari Karolinska Institutet di Stockholm, Swedia.

Dipaparkan pula, orang yang tidak pernah makan buah dan sayuran jangka hidupnya 19 bulan lebih pendek daripada mereka yang makan satu buah per hari. Responden yang mengonsumsi tiga porsi sayuran per hari bisa hidup 32 bulan lebih lama daripada yang tidak pernah mengonsumsi sayuran.

Mempertimbangkan hal tersebut, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) lantas merekomendasikan setidaknya konsumsi 400 gram buah dan sayuran sehari. Lantas, bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda mengonsumsi sayuran atau buah-buah dalam porsi yang cukup hari ini?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com