Mengakali Nafsu Ngemil dengan Kudapan Pengganti

Kompas.com - 19/07/2013, 12:57 WIB
Hindari makanan yang terlalu berlemak ketika berbuka puasa SHUTTERSTOCKHindari makanan yang terlalu berlemak ketika berbuka puasa
|
EditorFelicitas Harmandini

KOMPAS.com – Menahan keinginan untuk ngemil sepertinya sulit untuk dilakukan, apalagi jika sudah memasuki jam “rawan” di sore hari. Kebanyakan dari Anda pekerja kantoran tentu sudah merasa lapar. Guna mengatasi hal tersebut, lakukan empat cara berikut.

Bila Anda ingin ngemil makanan yang renyah, seperti keripik, popcorn, atau biskuit, coba ganti dengan mengunyah kacang-kacangan, potongan apel, atau pir. Kacang almond bisa jadi pilihan sehat. Tapi hati-hati, setengah cangkir almond mengandung lebih dari 400 kalori.

Bila Anda ingin ngemil sesuatu yang berminyak, seperti gorengan, pizza, atau burger, coba ganti dengan baked potato atau pizza yang tipis dengan topping sayuran. Pilih cemilan yang mengandung 90 persen sayuran atau daging sapi tanpa lemak tinggi.

Jika Anda ingin menikmati sesuatu yang bernuansa cairan, seperti jus, soft drink, atau es cendol, Anda bisa mengganti minuman tersebut dengan es teh manis dengan sedikit gula. Studi menunjukkan bahwa membatasi minuman berkalori tinggi bisa menyebabkan penurunan berat badan.

Atau, coba minum smoothie. Penelitian menunjukkan bahwa smoothie akan membuat Anda merasa kenyang, dan menghemat kalori saat makan berikutnya. Untuk memperoleh rasa kenyang yang seimbang, coba campurkan smoothie dengan pisang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X