Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengakali Nafsu Ngemil dengan Kudapan Pengganti

Kompas.com - 19/07/2013, 12:57 WIB
K. WAHYU UTAMI

Penulis

KOMPAS.com – Menahan keinginan untuk ngemil sepertinya sulit untuk dilakukan, apalagi jika sudah memasuki jam “rawan” di sore hari. Kebanyakan dari Anda pekerja kantoran tentu sudah merasa lapar. Guna mengatasi hal tersebut, lakukan empat cara berikut.

Bila Anda ingin ngemil makanan yang renyah, seperti keripik, popcorn, atau biskuit, coba ganti dengan mengunyah kacang-kacangan, potongan apel, atau pir. Kacang almond bisa jadi pilihan sehat. Tapi hati-hati, setengah cangkir almond mengandung lebih dari 400 kalori.

Bila Anda ingin ngemil sesuatu yang berminyak, seperti gorengan, pizza, atau burger, coba ganti dengan baked potato atau pizza yang tipis dengan topping sayuran. Pilih cemilan yang mengandung 90 persen sayuran atau daging sapi tanpa lemak tinggi.

Jika Anda ingin menikmati sesuatu yang bernuansa cairan, seperti jus, soft drink, atau es cendol, Anda bisa mengganti minuman tersebut dengan es teh manis dengan sedikit gula. Studi menunjukkan bahwa membatasi minuman berkalori tinggi bisa menyebabkan penurunan berat badan.

Atau, coba minum smoothie. Penelitian menunjukkan bahwa smoothie akan membuat Anda merasa kenyang, dan menghemat kalori saat makan berikutnya. Untuk memperoleh rasa kenyang yang seimbang, coba campurkan smoothie dengan pisang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com