Kompas.com - 23/07/2013, 14:31 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorFelicitas Harmandini

KOMPAS.com — Ternyata tidak hanya teknologi yang makin berkembang, hubungan asmara yang dijalani tiap pasangan sekarang ini juga mengalami banyak perubahan yang signifikan.

Penelitian oleh Baylor University yang dipublikasikan dalam Journal of Social and Clinical Psychology ini meminta 455 pasangan menikah untuk mengungkapkan solusi yang ideal bagi mereka dalam menangani pertengkaran. Agak mengherankan, bukan permintaan maaf yang menjadi keinginan besar mereka, tetapi siapa pemenang dalam pertengkaran itulah yang menjadi akhir penyelesaian sebuah konflik.

Pernyataan ini dapat dilihat dari berbagai sisi dari mengakui siapa yang salah atau yang benar untuk memuaskan emosi sesaat bahwa argumen Anda menang, atau bahkan hanya untuk menunjukkan lebih banyak rasa hormat, dan bersedia untuk berkompromi kepada mereka yang benar argumennya.

"Kita pasti memiliki kepuasan (saat memenangkan pertengkaran). Ketika kita merasa dikritik, kita cenderung memiliki kekhawatiran yang mendasari ancaman terhadap status, dan ketika itu terjadi biasanya kita ingin pasangan untuk mengalah dan mundur,” kata Keith Sanford, profesor psikologi dan ilmu saraf di Baylor University.

Setelah memenangi adu argumentasi, hal berikutnya yang diinginkan pasangan saat bertengkar adalah menghentikan perilaku permusuhan, berkomunikasi lebih sering, dan memberikan kasih sayang yang ditunjukkan.

Pasangan juga lebih memilih untuk membisu hingga akhirnya salah satu dari mereka membuka suara dan berinisiatif memulai perbincangan. Namun, permintaan maaf tetap berada pada peringkat paling akhir.

“Hal-hal yang diinginkan pasangan satu sama lain selama konflik akan tergantung pada masalah yang mendasarinya dan cara untuk menyelesaikan konflik itu. Mereka mungkin perlu menggunakan taktik yang berbeda untuk mengatasi masalah di antara mereka," papar Sanford.



Sumber Dailymail
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X